DISUSUN OLEH :
NIM
:
PEMBELAJARAN PENDIDIKAN
KEWARGANEGARAAN (PKn)
Bu Ana sedang mengajar pelajaran
Pendidikan Kewarganegaraan di kelas II. Dengan KD melaksanakan
hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong di rumah dan di sekolah. Pada pertemuan kali ini Bu Ana akan menjelaskan pentingnya melaksanakan hidup rukun di sekolah.
Awal pelajaran dimulai dengan
berdoa, presensi, dan salam. Bu Ana menyampaikan kepada siswa kompetensi dasar
yang akan dicapai pada pertemuan kali ini. Sebelum pembelajaran, Bu Ana menunjukkan
gambar-gambar berwarna berukuran sedang tentang kegiatan seorang anak yang
menunjukkan hidup rukun di sekolah. Siswa tertarik dengan gambar-gambar
tersebut. Mereka berlarian dan berebutan
ke depan kelas untuk melihat gambar yang ditunjukkan Bu Ana.
Hal ini tentu saja membuat Bu
Ana marah dan menyuruh siswa untuk kembali ke tempat duduk masing-masing.
Setelah siswa tenang, Bu Ana menjelaskan maksud dari setiap gambar sambil
memberikan contoh-contoh perilaku siswa kelas II yang selama ini tidak sesuai
dengan gambar. Bu Ana menjelaskan bahwa perilaku yang tidak rukun kepada sesama
teman di sekolah adalah salah, dan siswa haruslah merubah sikapnya.
Setelah penjelasan Bu Ana
secara panjang lebar tentang hidup rukun di sekolah , siswa diminta mengerjakan
soal-soal latihan yang ditulis guru di papan tulis. Siswa mulai bekerja.
Isilah titik-titik di bawah
ini dengan jawaban yang tepat!
1. arti gotong royong adalah ....
2. kebersihan kelas adalah tanggung jawab ....
3. kebiasaan yang dilakukan anak anak sebelum bel tanda
masuk berbunyi adalah ....
4.
keuntungan yang diambil dari
kegiatan secara gotong royong adalah ....
5.
jika ada teman yang tidak
memiliki pensil maka kita harus ....
Setelah seluruh siswa selesai mengerjakan
soal, Bu Ana membahas jawabannya satu per satu. Siswa yang jawabannya salah,
diberi kesempatan untuk bertanya dan melakukan pembetulan.
Ketika bel istirahat berbunyi, bu Ana
mengakhiri pembelajaran dan memberi siswa PR 5 buah soal yang ada di buku paket.
IDENTIFIKASI
INFORMASI KUNCI:
1. Pembelajaran PKn tentang hidup rukun di sekolah.
2. Media yang digunakan berupa gambar.
3. Metode yang digunakan metode ceramah dan penugasan.
4. Pengelolaan kelas, siswa bekerja secara individu.
PERMASALAHAN
YANG MUNCUL:
1. Pada saat guru menunjukkan gambar siswa berebutan ke
depan kelas.
2. Guru menjelaskan materi tanpa meminta pendapat siswa.
3. Siswa merasa disalahkan oleh guru atas perilakunya
selama ini.
4. Guru memberikan materi yang bersifat teori saja tanpa
adanya penerapan.
5. Soal yang diberikan guru hanya soal kognitif saja.
ANALISIS
PENYEBAB MASALAH:
1. Siswa berebutan ke depan kelas karena gambar yang
digunakan tidak begitu besar.
2. Guru berharap materi yang akan disampaikan segera
dipahami siswa sehingga tanpa sadar guru berceramah seorang diri.
3. Siswa kelas II masih dalam tahap bermain dan masih
egois, sehingga guru berusaha mengubah sikap siswa dalam waktu singkat.
4. Guru beranggapan bahwa soal-soal ujian yang diberikan
pemerintah selama ini hanya segi kognitif saja, sehingga guru mengesampingkan
segi afektif dan psikomotorik.
ALTERNATIF
PEMECAHAN MASALAH:
- Guru
seharusnya menggunakan gambar berukuran besar, atau mengganti media dengan
menggunakan lingkungan kelas sebagai sumber belajarnya, mengingat materi
yang sedang diajarkan masalah kerukunan di sekolah.
- Guru
seharusnya tidak secara langsung menjelaskan materi kepada siswa,
melainkan memancing siswa untuk berfikir dengan memberikan contoh-contoh
nyata dalam kehidupan siswa sehari-hari.
- Guru
seharusnya memahami sifat siswa kelas II yang masih dalam masa bermain dan
egois, sehingga perlu dengan sabar memberikan nasihat dan contoh-contoh
dalam kehidupan mereka sehari-hari. Biarkan siswa yang menilai, perbuatan
itu benar atau salah.
- Guru
seharusnya memberikan bobot yang seimbang antara soal kognitif, afektif,
dan psikomotorik, mengingat pelajaran PKn lebih banyak mempelajari tentang
penerapan perilaku kehidupan sehari-hari. Siswa perlu mengerti dan
berlatih tingkah laku yang baik serta benar-benar melaksanakannya.
ijin dan terimakasih..
BalasHapusMantap... Sudah berbagi ilmu semoga berkah bagi semuanya yg butuh ilmu... Terimakasih atas ilmunya🙏
BalasHapus