RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah
:
Mata
Pelajaran : IPA
Kelas
/ Semester : IV / I
Hari
/ Tanggal :
Alokasi
waktu : 3 x 35’
A. STANDAR KOMPETENSI
4.
Memahami daur hidup beragam jenis makhluk hidup
B. KOMPETENSI DASAR
4.2 Menunjukkan kepedulian terhadap hewan pemeliharaan
misalnya kucing, ayam, ikan.
C. INDIKATOR
·
Menentukan beberapa jenis hewan pemeliharaan di
lingkungan sekitar.
·
Menjelaskan cara memelihara hewan peliaharaan di
lingkungan sekitar, misalnya kucing, ayam, ikan.
D. PENGEMBANGAN INDIKATOR/TUJUAN PEMBELAJARAN
·
Siswa dapat memberikan contoh beberapa jenis
hewan pemeliharaan di lingkungan sekitar.
·
Siswa
dapat menjelaskan cara memelihara hewan peliharaan di lingkungan sekitar
misalna kucing, ayam, ikan.
E. MATERI POKOK
Hewan peliharaan
dan cara memeliharanya
F. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
No
|
Langkah Pembelajaran
|
Pengorganisasian
|
|
Kelas
|
Waktu
|
||
1
|
Pra Kegiatan
·
Salam Pembuka
·
Do’a
·
Presensi
|
Klasikal
|
3 menit
|
2
|
Kegiatan Awal
·
Apersepsi
Guru bertanya
kepada siswa bahwa apakah di rumah memiliki hewanpeliharaan, seperti kucing,
ikan, dsb.
·
Eksplorasi
Materi
Cara
menyampaikan materi yang akan di pelajari hari ini.
·
Ekspolasi
Tujuan
Guru mengemukakan tujuan
pembelajaran dan kegiatan –kegiatan yang akan dilaksanakan.
|
Klasikal
Klasikal
Klasikal
|
17 menit
13 menit
2 menit
2 menit
|
3
|
Kegiatan Inti
·
Guru menunjukkan gambar dan benda tiruan hewan
sapi/ikan kepada siswa, kemudian siswa menanggapi bagaimana cara merawatnya
dengan baik.
·
Guru membagi kelas dalam beberapa kelompok,
masing-masing kelompok terdiri dari 4-5 anak.
·
Guru membagikan LKS kepada masing-masing
kelompok.
·
Siswa mengerjakan LKS sesuai dengan petunjuk
yang ada di dalam LKS
·
Masing-masing kelompok menyampaikan hasil
diskusinya
·
Kelompok lain memberi tanggapan
·
Guru memberikan penguatan
|
Klasikal
Kelompok
Kelompok
Kelompok
Kelompok
Kelompok
Klasikal
|
70 menit
15 menit
3 menit
2 menit
15 menit
10 menit
10 menit
10 menit
|
4
|
Kegiatan akhir
·
Kesimpulan
Siswa bersama
guru menyampaikan materi yang telah dipelajari
·
Evaluasi
Siswa mengerjakan
soal evaluasi
·
Refleksi
Siswa diberi
kesempatan untuk menyampaikan kesan-kesan selama pembelajaran dan memberikan
saran untuk pembelajaran selanjutnya.
·
Tindak Lanjut
·
Penutup
|
Klasikal
Individu
Klasikal
Individu
Klasikal
|
20 menit
5 menit
10 menit
2 menit
2 menit
1 menit
|
G. METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
Ø
Metode
Pembelajaran
v
Ceramah
v
Tanya Jawab
v
Diskusi
v
Penugasan
Ø
Model
Pembelajaran
v
Example non example
H. MEDIA/ALAT DAN SUMBER PEMBELAJARAN
Ø
Media/Alat
Pembelajaran
v
Gambar hewan peliharaan (sapi, kucing, kambing,
dsb)
v
Gambar kandang hewan peliharaan
v
Gambar makanan hewan peliharaan
Ø
Sumber
Pembelajaran
Harmi,
Sri. 2004. Jendela Sains Lingkungan dan
Alam Sekitar untuk kelas IV SD. Solo:Tiga Serangkai
Haryanto.
2004. SAINS untuk SD kelas IV. Jakarta :Erlangga
Kurikulum.
2006. Kurikulum Tingkat satuan
Pendidikan. Jakarta :Departemen
Pendidikan Nasioanal.
Sulistyanto,
Heri. Wiyono, Edy. 2008. Ilmu Pengetahuan
Alam untuk kelas IV Sekolah Dasar. Jakarta.Depdiknas.
Wahyono,
Budi. Nurachmandani, Setya. 2008. Ilmu
Pengetahuan Alam untuk kelas IV Sekolah Dasar. Klaten:Depdiknas.
I.
Penilaian
a.
Produser Penilaian
·
Proses Hasil :
Dilaksanakan selama proses pembelajaran
·
Hasil :
Dilaksanakan pada akhir pembelajaran
b.
Jenis Penilaian
·
Proses :
Lisan dan perbuatan
·
Tes Hasil :
Tulis
c.
Bentuk Penilaian
·
Tes Proses :
Pengamatan
·
Tes hasil :
Subjektif
d.
Alat Penilaian
·
Tes proses :
Lembar pengamatan
·
Tes Hasil :
Soal Evaluasi
J. LAMPIRAN
Ø
Lampiran 1 :
Rangkuman Materi
Ø
Lampiran 2 :
Lembar Pengamatan
Ø
Lampiran 3 :
Lembar Kegiatan Siswa (LKS)
Ø
Lampiran 4 :
Lembar Evaluasi
Ø
Lampiran 5 :
Kunci jawaban soal evaluasi dan penskoran
Mengetahui Batu,
Kepala SDN Praktikum
KOMSIYATIN, S.Pd DIYAH SITORESMI
NIP. 19590617 198010 2 005 NIM
821001542
Lampiran 1
Rangkuman Materi
Ø
Hewan yang ada dis ekitar kita beragam jenisnya.
Di antara hewan-hewan itu ada yang hidup liar, ada juga yang bisa dipelihara.
Ø
Agar hewan yang kita pelihara hidup dengan baik
dan sehat, kita harus memperhatikan beberapa hal yaitu :
-
Memberi makanan, minuman yangs ehat
-
Menjaga kebersihan, dan kesehatan hewan
-
Membuat kandang, dan menjaga kebersihannya
-
Mengobati sakit atau luka pada hewan
Lampiran 3
LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS)
Satuan
Pendidikan : SDN SUMBERGONDO 01
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
ALam
Kelas/Semester : IV (Empat) / 1 (satu)
Nama Kelompok :
1 ……………………………………………………
2. …………………………………………………..
3. …………………………………………………..
4. …………………………………………………...
5. …………………………………………………..
Petunjuk Khusus :
Mengelompokkan Hewan
Perhatikan hewan – hewan yang ada
di sekeliling tempat tinggalmu. Kemudian salin dan isi kolom yang tersedia
dengan tanda (P) jika ya dan tanda (-)
jika tidak.
No
|
Nama Hewan
|
Peliharaan
|
Liar
|
Berguna
|
Merugikan
|
Cara merawat
|
1.
2.
3
4
5
6
7
8
9
10
|
Kelinci
Cecak
………….
………….
………….
………….
………….
………….
………….
………….
|
P
-
………..
………..
………..
………..
………..
………..
………..
………..
|
-
P
……
……
……
……
……
……
……
……
|
P
P
………
………
………
………
………
………
………
………
|
-
-
.............
.............
.............
.............
.............
.............
.............
.............
|
- Memberi makan rumput atau
wortel dengan teratur.
- Membersihkan kandangnya dan
memandikan setiap minggu.
………………..
………………..
………………..
………………..
………………..
………………..
………………..
………………..
………………..
|
Lampiran 2
LEMBAR PENGAMATAN
Mata
Pelajaran : IPA
Satuan
Pendidikan : SD/MI
Kelas/Semester : IV (empat) / I (satu)
Materi
Pokok : Hewan peliharaan dan
cara meliharanya
No
|
Nama siswa
|
Aspek yang dinilai
|
Ket.
|
||||||||||||||
Keaktifan
|
Keberanian
|
Kerjasama
|
Ketepatan jawaban
|
Pengumpulan tugas
|
|||||||||||||
A
|
B
|
C
|
A
|
B
|
C
|
A
|
B
|
C
|
A
|
B
|
C
|
A
|
B
|
C
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
v
KRITERIA PENILAIAN
1.
Keaktifan
A : Jika siswa aktif menanggapi permasalahan
dengan tepat tanpa diminta
B : Jika siswa aktif menanggapi permasalahan
dengan tepat setelah diperintah
C : Jika siswa pasif (diam saja)
2.
Keberanian
A : Jika siswa berani mengungkapkan pendapatnya
tanpa diminta
B : Jika siswa berani mengungkapkan pendapatnya
setelah diperintah
C : Jika siswa berani mengungkapkan pendapatnya
setelah adanya paksaan
3.
Kerjasama
A : Jika siswa ikutserta
mengungkapkan pendapat dalam membahas LKS berkelompok
B : Jika siswa ikut
serta dalam kelompok tanpa mengungkapkan pendapatnya dalam pembahasan LKS
C : Jika siswa
tidak ikut serta dalam pembahasan LKS
4.
Ketepatan Jawaban
A : Jika jawaban yang diungkapkan siswa benar
dan tepat seluruhnya
B : Jika jawaban
yang diungkapkan siswa masih ada yang belum benar atau kurang tepat
C : Jika jawaban
yang diungkapkan siswa belum benar atau salah
5.
Pengumpulan Tugas
A : Jika siswa mengumpulkan tugas sesuai dengan
jadwal pengumpulan
B : Jika siswa mengumpulkan tugas lebih dari
jadwal pengumpulan
C : Jika siswa tidak mengumpulkan tugas
v
SKOR LEMBAR PENGAMATAN
Penilaian
kualitif apabila dikonversikan ke dalam bentuk penilaian kuantitatif dengan
menggunakan skala 100, yaitu :
PENILAIAN KUALITATIF
DAN KUANTITATIF
Penilaian Kualitatif
|
Penilaian Kuantitatif
|
Keterangan
|
A
|
67
– 100
|
Baik
|
B
|
34
– 66
|
Cukup
|
C
|
0
– 33
|
Kurang
|
Rumus penilaian lembar pengamatan : Np = Na +
Nb + Nc + Nd + Ne
5
Keterangan :
Np :
Nilai Pengamatan
Na :
Nilai Keaktifan
Nb : Nilai Keberanian
Nc : Nilai Kerjasama
Nd : Nilai Ketepatan Jawaban
Ne : Nilai Pengumpulan Tugas
Lampiran 4
Nama : ……………………………..
Kelas : ……………………………..
No. absen
: ……………………………..
LEMBAR SOAL EVALUASI
1.
Jenis ikan apa yang
biasanya dipelihara di akuarium?
Bagaimana cara memeliharanya?
2.
Mengapa tidak baik
membuat kandang ayam di dekat rumah?
Bagaimana cara memeliharanya?
3.
Pernahkah kamu punya
hewan peliharaan di rumahmu?
Bagaimana cara memeliharanya?
4.
Apakah kamu punya
hewan peliharaan di rumahmu?
Apakah kamu saying terhadap binatang tersebut? Apa yang
kamu lakukan untuk memeliharanya?
Lampiran 5
Kunci Jawaban Soal Evaluasi
- Ikan kooky, cara pemeliharaannya dengan menguras
akuarium seminggu sekali dan memberi makanan setiap dua hari sekali.
- Karena dapat menyebabkan penyakit pada saluran
pernafasan dan kotoran nayam yang dapat menyebabkan kuman penyakit
- Dengan membuat kandang yang baik, memberi rumput yang
sehat, dan merawatnya dengan baik yaitu makan dan memandikan dengan
teratur, serta membersihkan kandang dengan intensif.
- Iya.
Aku memelihara kucing
Di rumah aku selalu membersihkan tempat tidur dan tempat
makanan kucing, memberi makan makanan yang baik, dan memandikan kucing setiap
minggu sekali.
LEMBAR PENSKORAN
v
Setiap soal diberi
bobot = 25
v
Jumlah soal = 4
v
MES =
Jumlah soal x bobot soal
v
SMA =
Jumlah jawaban benar x bobot soal
NH = SMA
x 100
MES
Keterangan
MES = Maximum estimate score
SMA = Score maximal actual
NH = Nilai hasil
Tidak ada komentar:
Posting Komentar