PROGRAM TAHUNAN
Nama
Sekolah : Sumbergondo 1 Kelas : II
Mata
Pelajaran : Matematika Tahun
Pelajaran : 2011 – 2012
No
|
Alokasi Waktu
|
Materi pokok/Submateri
Pokok
|
1
|
... x 1 Jam
Pelajaran
|
Aspek : Bilangan
Materi Pokok 1 : Bilangan Cacah (Bilangan cacah sampai
dengan 500
A.
Membilang Bilangan
B.
Membandingkan Kumpulan
Benda dan Bilangan
C.
Mengurutkan Bilangan
|
2
|
... x 1 Jam
Pelajaran
|
Aspek : Bilangan
Materi Pokok 2 : Penjumlahan dan Pengurangan
A.
Nilai Tempat
B.
Penjumlahan
C.
Pengurangan
D. Penjumlahan
dan Pengurangan
|
3
|
... x 1 Jam
Pelajaran
|
Aspek : Geometri dan Pengukuran
Materi Pokok 3 : Waktu
A.
Membaca dan Menentukan
Jam
B.
Menuliskan Tanda Waktu
Yang Ditujukan Jarum Jam
C.
Menyatakan Lama Waktu
Kegiatan dalam satuan jam
|
4
|
... x 1 Jam
Pelajaran
|
Aspek : Geometri dan Pengukuran
Materi Pokok 4 : Panjang
A.
Membandingkan panjang
benda
B.
Mengukur panjang benda
dengan satuan tak baku
C.
Mengukur panjang benda
dengan satuan baku
D. Menaksir
panjang benda menggunakan satuan yang sesuai
E.
Memilih alat ukur
panjang yang sesuai
|
5
|
... x 1 Jam
Pelajaran
|
Aspek : Geometri dan Pengukuran
Materi Pokok 5 : Berat
A.
Membandingkan berat
benda
B.
Mengukur berat benda
C.
Menaksir berat benda
D. Memilih
alat ukur berat yag sesuai
|
6
|
... x 1 Jam
Pelajaran
|
Aspek : Bilangan
Materi Pokok 6 : Perkalian
A.
Perkalian sebagai penjumlahan
berulang
B.
Sifat-sifat perkalian
C.
Mengalikan tiga bilangan
satu angka
D. Mengalikan
bilangan satu angka dengan bilangan dua angka yang hasilnya dua angka
E.
Menyelesaikan soal
cerita yang mengandung perkalian
|
7
|
... x 1 Jam
Pelajaran
|
Materi Pokok 7 : Pembagian
A.
Pembagian sebagai
pengurangan berulang
B.
Sifat pembagian
C.
Membagi bilangan dengan
bilangan lain
D. Pembagian
sebagai lawan dari perkalian
E.
Pembagian 3 bilangan
berurutan
F.
Menentukan pasangan
bilangan yang hasil baginya diketahui
G. Perkalian
dan Pembagian
|
8
|
... x 1 Jam
Pelajaran
|
Materi Pokok 8 : Bangun Datar
A.
Mengelompokkan bangun
datar
B.
Mengurutkan bangun datar
C.
Menentukan pola dari
serangkaian bangun datar
D. Menentukan
unsur-unsur pada bangun datar
E.
Menggambar dan membuat
bangun datar dengan ukuran tertentu
F.
Mengenal sudut-sudut
bangun datar
|
Mengetahui, ……………………………,…………………….
Kepala Sekolah Guru Kelas /
Mapel
KOMSIYATIN,S.Pd SRI DHEWI
NIP. 19590617 198010 2 005 NIP. 19520826 198201 2 002
SILABUS
Mata
Pelajaran : MATEMATIKA Semester : Ganjil
Kelas : II Tahun
Pelajaran : …………………….
Standar
Kompetensi : 1. Melakukan Penjumlahan dan Pengurangaan bilangan sampai 500
No
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
Penilaian
|
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
|||||||
1.1
1.2
|
Membandingkan
bilangan sampai 500
Mengurutkan
bilangan sampai 500
|
Bilangan
Cacah :
-
Membilang bilangan
-
Membandingkan kumpulan benda dan bilangan
|
-
Memotivasi siswa untuk memahami tentang
bilangan cacah sampai dengan 500
-
Menjelaskan mengenai materi pokok “Bilangan cacah” yang berisi tentang
membilang bilangan, membandingkan kumpulan
benda dan bilangan , dan mengurutkan bilangan
-
Membuat rangkuman/catatan untuk siswa
-
Pemberian tugas dan latihan
|
-
Membilang secara urut
-
Menyebutkan banyak benda
-
Membilang loncat
-
Membaca dan menulis lambang bilangan
dalam kata-kata dan angka
-
Membandingkan kumpulan benda
-
Membandingkan bilangan
-
Menyusun bilangan
-
Membedakan bilangan ganjil dan bilangan
genap
|
... x 1 Jam Pelajaran
|
-
Buku Matematika kelas 2A
-
Referensi lain yang relevan
|
-
Uji tertulis
-
Uji praktik/portofolio
|
-
Isian
-
Uraian
-
Jawab singkat
|
1.3
1.4
|
Menentukan nilai tempat ratusan, puluhan dan satuan
Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan
sampai 500
|
Penjumlahan dan pengurangan Bilangan :
-
Nilai tempat
-
Penjumlahan
-
Pengurangan
-
Penjumlahan dan
Pengurangan
|
-
Memotivasi siswa untuk
memahami tentang “penjumlahan dan pengurangan”
-
Menjelaskan materi pokok “Penjumlahan dan Pengurangan”yang
bersi tentang nilai tempat, penjumlahan dan pengurangan
-
Membuat rangkuman atau catatan
untuk siswa
-
Pemberian tugas dan
latihan
|
-
Mengenal nilai tempat
bilangan
-
Menulisakan bilangan
dalam bentuk panjang
-
Membaca simbol + dan =
-
Mengingat penjumlahan
sampai 20
-
Mengingat penjumlahan
bilangan cacah
-
Membaca simbol – dan =
-
Mengingat pengurangan
sampai 20
-
Mengubah bentuk
pengurangan ke bentuk penjumlahan
-
Menyelesaikan
pengurangan bilangan cacah
-
Penjumlahan dan
pengurangan dengan semua suku bilangan dua angka
|
... x 1 Jam
Pelajaran
|
-
Buku Matematika kelas 2A
-
Referensi lain yang relevan
|
-
Uji tertulis
-
Uji praktik/portofolio
|
-
Isian
-
Uraian
-
Jawab singkat
|
Standar
Kompetensi : 2. Menggunakan pengukuran waktu, panjang, dan berat dalam
pemecahan masalah.
No
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
Penilaian
|
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
|||||||
2.1
|
Menggunakan alat ukur waktu dengan satuan jam
|
Satuan waktu :
-
Membaca dan menentukan
jam
-
Menulisakan tanda waktu
yang ditunjukkan jarum jam
-
Menyatakan lama waktu
kegiatan dalam satuan jam
|
-
Memotivasi untuk
memahami tentang “waktu”
-
Menjelaskan materi pokok
“waktu” yang berisi tentang membaca dan menentukan jam, menuliskan tanda
waktu yang ditunjukan jarum jam lama waktu kegiatan dalam satuan jam
-
Membuat rangkuman
catatan untuk siswa
-
Pemberian tugas dan latihan
|
-
Membaca jam
-
Menentukan jam
-
Menulis tanda waktu yang
ditunjukan jarum jam
-
Menyatakan lama waktu
kegiatan dalam satuan jam
|
... x 1 Jam
Pelajaran
|
-
Buku Matematika kelas 2A
-
Referensi lain yang relevan
|
-
Uji tertulis
-
Uji praktik/portofolio
|
-
Isian
-
Uraian
-
Jawab singkat
|
2.2
|
Menggunakan alat ukur panjang tidak baku dan baku
(cm, m) yang sering digunakan
|
Satuan panjang :
-
Membandingkan panjang
benda
-
Mengukur panjang benda
dengan satuan tak baku
-
Mengukur panjang
benda dengan satuan baku
-
Menaksir panjang benda
menggunakan stuan yang sesuai
-
Memilih alat ukur
panjang yang sesuai
|
-
Memotivasi siswa untuk
memahami tentang alat ukur “panjang”
-
Menjelaskan mengenai
materi pokok “panjang” yang berisi tentang membandingkan panjang benda,
mengukur panjang benda dengan satuan
yang sesuai, dan memilih alat ukur panjang yang sesuai
-
Membuat
rangkuman/catatan untuuk siswa
-
Pemberian tugas dan
latihan
|
-
Menentukan benda yang
lebih panjang, lebih pendek, atau sama panjang dengan benda yang lain
-
Mengukur panjnag benda
dengan satuan tak baku
-
Mengukur benda dengan
satuan baku yang sering digunakan (mimsal : cm, m)
-
Menaksir panjang benda
dengan satuan yang sesuai
|
... x 1 Jam
Pelajaran
|
-
Buku Matematika kelas 2A
-
Referensi lain yang relevan
|
-
Uji tertulis
-
Uji praktik/portofolio
|
-
Isian
-
Uraian
-
Jawab singkat
|
2.3
2.4
|
Menggunakan alat ukur berat
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan berat
benda
|
Satuan Berat :
-
Membandingkan berat
benda
-
Mengukur berat benda
-
Menaksir berat benda
-
Memilih alat ukur berat
yang sesuai
|
-
Memotivasi siswa untuk
emahami tentang pengukuran “berat”
-
Menjelaskan mengenai
materi pokok “berat” yang berisi tentang membandingkan berat benda, mengukur berat benda, menaksir
berat bbenda, dan memilih alat ukur berat yang sesuai
-
Membuat rangkuman atau
catatan untuk siswa
-
Pemberian tugas dan
latihan
|
-
Menentukan benda yang
lebih berat, lebih ringan, atau sama berat dengan benda yang lain
-
Mengukur berat benda
-
Mengukur berat benda
dengan satuan baku yang sering digunakan (misal : ons, kg)
-
Menaksir berat benda
dengan satuan yang sesuai
-
Memilih alat ukur yang
sesuai untuk mengukur panjang da berat
benda yang diukur
|
... x 1 Jam
Pelajaran
|
-
Buku Matematika kelas 2A
-
Referensi lain yang relevan
|
-
Uji tertulis
-
Uji praktik/portofolio
|
-
Isian
-
Uraian
-
Jawab singkat
|
Mengetahui, ............................,
.............
Kepala Sekolah Guru
Kelas/Mapel
.................................................... ................................................
NIP. NIP.
PROGRAM
TAHUNAN
Nama
Sekolah : Sumbergondo
1 Kelas : II
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia Tahun
Pelajaran : 2011-2012
No
|
Alokasi Waktu
|
Materi pokok/Submateri
Pokok
|
1
|
... x 1 Jam
Pelajaran
|
DIRI SENDIRI
A.
Mendengarkan
Mendengarkan pembacaan teks pendek
B.
Berbicara
Bertanya kepada orang lain
C.
Membaca
Membaca lancar teks pendek
D. Menulis
Melengkapi cerita sederhana
|
2
|
... x 1 Jam
Pelajaran
|
KEGIATAN SEHARI-HARI
A.
Mendengarkan
Mendengarkan pembacaan puisi anak
B.
Berbicara
Meneritakan kegiatan sehari hari
C.
Membaca
Membaca puisi anak
D. Menulis
Menulis kalimat sederhana yang didektekan
guru
|
3
|
... x 1 Jam
Pelajaran
|
PERISTIWA
A.
Mendengarkan
Mendengarkan pembacaan teks pendek
B.
Berbicara
Mendeklamasikan puisi dengan ekspresi
yang tepat
C.
Membaca
Membaca lancar teks pendek
D. Menulis
Melengkapi cerita sederhana
|
4
|
... x 1 Jam
Pelajaran
|
HIBURAN DAN PERMAINAN
A.
Mendengarkan
Mendengarkan pembacaan puisi anak
B.
Berbicara
Bertanya kepada orang lain
C.
Membaca
Membaca lancar teks pendek
D. Menulis
Melengkapi kalimat sederhana yang
didektekan
|
5
|
... x 1 Jam
Pelajaran
|
KESEHATA DAN LINGKUNGAN
A.
Mendengarkan
Mendengarkan pembacaan teks pendek
B.
Berbicara
Meneritakan kegiatan sehari hari
C.
Membaca
Membaca puisi anak
D. Menulis
Melengkapi cerita sederhana
|
6
|
... x 1 Jam
Pelajaran
|
TEMPAT UMUM
A.
Mendengarkan
Mendengarkan pembacaan puisi anak
B.
Berbicara
Mendeskrepsikan puisi dengan ekspresi
yang tepat
C.
Membaca
Membaca lancar teks pendek
D. Menulis
Melengkapi cerita sederhana yang
didektekan guru dengan huruf tegak bersambung
|
7
|
... x 1 Jam
Pelajaran
|
KEGEMARAN
A.
Mendengarkan
Mendengarkan pembacaan teks pendek
B.
Berbicara
Bertanya kepada orang lain
C.
Membaca
Membaca puisi anak
D. Menulis
Melengkapi cerita sederhana
|
8
|
... x 1 Jam
Pelajaran
|
KESEHATAN
A.
Mendengarkan
Mendengarkan pembacaan teks pendek
B.
Berbicara
Mendeklamasikan puisi
C.
Membaca
Membaca untuk kesenangan
D. Menulis
Menulis pengalaman pribadi
|
9
|
... x 1 Jam
Pelajaran
|
BUDI PEKERTI
A.
Mendengarkan
Mendengarkan pesan pendek
B.
Berbicara
Melaporkan peristiwa yang dialami
C.
Membaca
Membaca bersuara teks pendek
D. Menulis
Menulis kalimat yang didektekan guru
|
10
|
... x 1 Jam
Pelajaran
|
PERISTIWA
A.
Mendengarkan
Mendengarkan pembacaan pendek
B.
Berbicara
Melakukan percakapan pendek
C.
Membaca
Membaca bersuara teks pendek
D. Menulis
Menulis karangan pendek
|
11
|
... x 1 Jam
Pelajaran
|
DIRI SENDIRI
A.
Mendengarkan
Mendengarkan pembacaan teks pendek
B.
Berbicara
Menceritakan kegiatan sehari-hari
C.
Membaca
Membaca puisi
D. Menulis
Menulis
cerita sederhana tentang kesukaan dan ketidak sukaan
|
12
|
... x 1 Jam
Pelajaran
|
LINGKUNGAN
A.
Mendengarkan
Mendengarkan pesan pendek
B.
Berbicara
Melakukan percakapan pendek
C.
Membaca
Membaca bersuara teks pendek
D. Menulis
Menulis
pengalaman sendiri
|
13
|
... x 1 Jam
Pelajaran
|
HIBURAN
A.
Mendengarkan
Mendengarkan dongeng
B.
Berbicara
Bermain peran yang berkaitan dengan
kegiatann sehari-hari
C.
Membaca
Membaca untuk kesenangan
D. Menulis
Menulis kalimat yang didektekan guru
|
14
|
... x 1 Jam
Pelajaran
|
KEPERLUAN
A.
Mendengarkan
Mendengarkan dongeng
B.
Berbicara
Menceritakan pengalaman pribadi
C.
Membaca
Membaca bersuara teks pendek
D. Menulis
Menulis
cerita sederhana tentang kesukaan dan ketidak sukaan
|
15
|
... x 1 Jam
Pelajaran
|
BINATANG
A.
Mendengarkan
Mendengarkan pembacaan teks pendek
B.
Berbicara
Mendeskrepsikan tumbuhan dan binatang di
sekitar
C.
Membaca
Membaca bersuara teks pendek
D. Menulis
Menulis pengalaman sendiri dengan huruf sambung
|
Mengetahui, ……………………………,…………………….
Kepala
Sekolah Guru
Kelas / Mapel
KOMSIYATIN,S.Pd SRI DHEWI
NIP.
19590617 198010 2 005 NIP.
19520826 198201 2 002
SILABUS
Mata
Pelajaran : BAHASA INDONESIA Semester : Ganjil
Kelas : II Tahun
Pelajaran : …………………….
Standar
kompetensi : A. Mendengarkan
memahami teks pendek dan puisi anak yang
dilisankan.
No
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
Penilaian
|
|
Jenis Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
|||||||
1
|
Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat
sendiri isi teks pendek
|
·
Teks cerita (8-12
Kalimat)
|
-
Siswa menjawab
pertanyaan sesuai isi cerita yang dibacakan
oleh guru.
-
Siswa menceritakan
kembali sebuah cerita menggunakan kata-kata sendiri di hadapan guru
|
-
Memahami isi
teks pendek.
-
Menceritakan kembali cerita dengan menggunakan
kata-katanya sendiri
isi teks pendek.
|
... x 1 Jam
Pelajaran
|
-
Standar isi 2006, teks
cerita, kata tanya (apa, di mana, siapa), teks pendek, cerita rumpang, buku
paket bahasa Indonesia kelas 2, PUEYD, TBBBI, KBBI, dan referensi lain yang
relevan
|
-
Uji tertulis
-
Portofolio
|
-
Bacaan
-
Pilihan Ganda
-
Isian
|
Standar
Kompetensi : B. Berbicara
Menggungkapkan
pikiran, perasaan, dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan bertanya,
bercerita, dan deklamasi.
No
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
Penilaian
|
|
Jenis Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
|||||||
2
|
Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan
pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa
|
·
Kata tanya :
apa, di mana, siapa
|
-
Siswa
menanyakan sesuatu menggunakan kalimat tanya dengan pilihan kata yang tepat
dan santun berbahasa kepada guru.
|
-
Menggunakan
pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa kepada orang lain
-
Menceritakan pengalaman secara lisan melalui kegiatan
bertanya
|
... x 1 Jam
Pelajaran
|
-
Standar isi 2006, teks
cerita, kata tanya (apa, di mana, siapa), teks pendek, cerita rumpang, buku
paket bahasa Indonesia kelas 2, PUEYD, TBBBI, KBBI, dan referensi lain yang
relevan
|
-
Uji tertulis
-
Portofolio
|
-
Bacaan
-
Pilihan Ganda
-
Isian
|
Standar Kompetensi : C. Membaca
Menulis
permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte.
No
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/ Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
Penilaian
|
|
Jenis Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
|||||||
3
|
Menyimpulkan isi teks pendek (10-15 kalimat) yang
dibaca dengan membaca lancar.
|
·
Teks pendek
(10-15 kalimat)
|
-
Siswa
membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat di hadapan guru.
-
Siswa
membaca dengan memperhatikan di mana tempat jeda (untuk berhenti, menarik
napas) jeda panjang atau pendek dengan bimbingan guru.
-
Siswa
menjawab atau mengajukan pertanyaan dari isi teks yang dibaca.
|
-
Memahami
teks pendek dengan membaca lancar.
-
Memahami
bacaan dengan memperhatikan tempat jeda (untuk berhenti, menarik napas)
|
... x 1 Jam
Pelajaran
|
-
Standar isi 2006, teks
cerita, kata tanya (apa, di mana, siapa), teks pendek, cerita rumpang, buku
paket bahasa Indonesia kelas 2, PUEYD, TBBBI, KBBI, dan referensi lain yang
relevan
|
-
Uji tertulis
-
Portofolio
|
-
Bacaan
-
Pilihan Ganda
-
Isian
|
Standar Kompetensi : D. Menulis
Menulis permulaan melalui kegiatan
melengkapi cerita dan dikte.
No
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
Penilaian
|
|
Jenis Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
|||||||
4
|
Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat
|
·
Cerita
rumpang (belum selesai)
|
-
Siswa
melengkapi cerita tentang data keluarga dengan kata yang tepat sesuai
penjelasan guru.
|
-
Melengkapi
cerita dengan kata yang tepat.
-
Memahami
tulisan permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte.
|
... x 1 Jam
Pelajaran
|
-
Standar isi 2006, teks
cerita, kata tanya (apa, di mana, siapa), teks pendek, cerita rumpang, buku
paket bahasa Indonesia kelas 2, PUEYD, TBBBI, KBBI, dan referensi lain yang
relevan
|
-
Uji tertulis
-
Portofolio
|
-
Bacaan
-
Pilihan Ganda
-
Isian
|
Mengetahui, ............................,
.............
Kepala Sekolah Guru
Kelas/Mapel
.................................................... ................................................
NIP. NIP.
SILABUS
Mata
Pelajaran : BAHASA INDONESIA Semester : Ganjil
Kelas : II Tahun
Pelajaran : …………………….
Standar
Kompetensi : A. Mendengarkan
Memahami teks pendek dan puisi anak yang
dilisankan.
No
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok /Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
Penilaian
|
|
Jenis Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
|||||||
1
|
Mendeskripsikan isi puisi
|
·
Puisi anak
|
-
Siswa
mendeskripsikan isi puisi menggunakan kata-katanya sendiri dengan bimbingan
guru.
|
-
Mendeskripsikan
isi puisi dengan kata-katanya sendiri.
-
Memahami
teks pendek dan puisi anak yang dilisankan.
|
... x 1 Jam
Pelajaran
|
-
Standar isi 2006, teks
cerita, kata tanya (apa, di mana, siapa), teks pendek, cerita rumpang, buku
paket bahasa Indonesia kelas 2, PUEYD, TBBBI, KBBI, dan referensi lain yang
relevan
|
-
Uji tertulis
-
Portofolio
|
-
Bacaan
-
Pilihan Ganda
-
Isian
|
Standar Kompetensi : B. Berbicara
Mengungkapkan
pikiran, perasaan, dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan bertanya,
bercerita, dan deklamasi.
No
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/ Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
Penilaian
|
|
Jenis Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
|||||||
2
|
Menceritakan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang
mudah dipahami orang lain.
|
·
Cerita
tentang kegiatan sehari-hari di rumah dan di sekolah.
|
-
Siswa
menceritakan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang runtut dan mudah
dipahami orang lain dihadapan guru.
-
Siswa
menanyakan atau menanggapi kegiatan sehari-hari teman sekelas dengan
bimbingan guru.
|
-
Menceritakan
kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang runtut dan mudah dipahami.
-
Menanggapi
cerita kegiatan sehari-hari yang telah disampaikan.
|
... x 1 Jam
Pelajaran
|
-
Standar isi 2006, teks
cerita, kata tanya (apa, di mana, siapa), teks pendek, cerita rumpang, buku
paket bahasa Indonesia kelas 2, PUEYD, TBBBI, KBBI, dan referensi lain yang
relevan
|
-
Uji tertulis
-
Portofolio
|
-
Bacaan
-
Pilihan Ganda
-
Isian
|
Standar Kompetensi : C. Membaca
Memahami
teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak.
No
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
Penilaian
|
|
Jenis Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
|||||||
3
|
Menjelaskan isi puisi anak yang dibaca
|
·
Puisi anak
|
-
Siswa
Membacakan puisi anak dan mengekspresikannya dalam gerak dan mimik yang
tepat.
-
Mendeskrepsikan
isi puisi.
|
-
Membacakan
puisi anak mengekspresikannya dalam gerak dan mimik yang tepat.
-
Mendeskrepsikan
isi puisi.
|
... x 1 Jam
Pelajaran
|
-
Standar isi 2006, teks
cerita, kata tanya (apa, di mana, siapa), teks pendek, cerita rumpang, buku
paket bahasa Indonesia kelas 2, PUEYD, TBBBI, KBBI, dan referensi lain yang
relevan
|
-
Uji tertulis
-
Portofolio
|
-
Bacaan
-
Pilihan Ganda
-
Isian
|
Standar Kompetensi : D. Menulis
Menulis
permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte.
No
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
Penilaian
|
|
Jenis Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
|||||||
4
|
Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru
dengan menggunakan huruf tegak bersambung dan memperhatikan penggunaan huruf
kapital dan tanda titik.
|
·
Kalimat
sederhana
|
-
Siswa
menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf sambung secara
tepat, rapi, dan mudah dibaca.
|
-
Mendeskrepsikan
cara menulis kalimat sederhana.
-
Menulis
kalimat sederhana dengan huruf sambung secara tepat, rapi, dan mudah dibaca.
|
... x 1 Jam
Pelajaran
|
-
Standar isi 2006, teks
cerita, kata tanya (apa, di mana, siapa), teks pendek, cerita rumpang, buku
paket bahasa Indonesia kelas 2, PUEYD, TBBBI, KBBI, dan referensi lain yang
relevan
|
-
Uji tertulis
-
Portofolio
|
-
Bacaan
-
Pilihan Ganda
-
Isian
|
Mengetahui, ……………………………,…………………….
Kepala Sekolah Guru
Kelas / Mapel
____________________ ____________________
NIP. ………………………………… NIP.
…………………………………
SILABUS
Mata
Pelajaran : BAHASA INDONESIA Semester : Ganjil
Kelas : II Tahun
Pelajaran : …………………….
Standar Kompetensi : A. Mendengarkan
Memahami
teks pendek dan puisi anak yang dilisankan.
No
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
Penilaian
|
|
Jenis Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
|||||||
1
|
Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat
sendiri isi teks pendek
|
·
Teks cerita (8-12
Kalimat)
|
-
Siswa menjawab
pertanyaan sesuai isi cerita yang dibacakan oleh guru.
-
Siswa menceritakan
kembali sebuah cerita menggunakan kata-kata sendiri dihadapan guru.
|
-
Mendengarkan pembacaan teks
pendek
-
Menceritakan kembali cerita dengan menggunakan
kata-kata sendiri.
|
... x 1 Jam
Pelajaran
|
-
Standar isi 2006, teks
cerita, kata tanya (apa, di mana, siapa), teks pendek, cerita rumpang, buku
paket bahasa Indonesia kelas 2, PUEYD, TBBBI, KBBI, dan referensi lain yang
relevan
|
-
Uji tertulis
|
-
Bacaan
-
Pilihan Ganda
-
Isian
|
Standar Kompetensi : B. Berbicara
Mengungkapkan
pikiran, perasaan, dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan bertanya,
bercerita, dan deklamasi.
No
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
Penilaian
|
|
Jenis Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
|||||||
2
|
Mendeklamasikan puisi dengan ekspresi yang tepat
|
·
Puisi anak
|
-
Siswa
Mendeklamasikan puisi sesuai dengan isi dan mengekspresikannya dalam gerak
dan mimik yang tepat di hadapan guru.
-
Siswa
menjelaskan isi puisi dengan bimbingan guru.
|
-
Mendeklamasikan
puisi sesuai dengan isi mengekspresikannya dalam gerak dan mimik yang tepat.
-
Mendeskrepsikan isi puisi
|
... x 1 Jam
Pelajaran
|
-
Standar isi 2006, teks
cerita, kata tanya (apa, di mana, siapa), teks pendek, cerita rumpang, buku
paket bahasa Indonesia kelas 2, PUEYD, TBBBI, KBBI, dan referensi lain yang
relevan
|
-
Uji tertulis
|
-
Bacaan
-
Pilihan Ganda
-
Isian
|
Standar Kompetensi : C. Membaca
Memahami teks pendek dengan membaca
lancar dan membaca puisi anak.
No
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/ Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
Penilaian
|
|
Jenis Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
|||||||
3
|
Menyimpulkan isi teks pendek (10-15 kalimat) yang
dibaca dengan membaca lancar.
|
·
Teks pendek
|
-
Siswa
membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat di hadapan guru.
-
Siswa
membaca dengan memperhatikan di mana tempat jeda (untuk berhenti, menarik
napas) jeda panjang atau pendek dengan bimbingan guru.
-
Siswa
menjawab atau mengajukan pertanyaan dari isi teks yang dibaca.
|
-
Membaca teks
pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat.
-
Membaca
dengan memperhatikan di mana tempat jeda (untuk berhenti,menarik napas).
-
Menyimpulkan
isi teks pendek.
|
... x 1 Jam
Pelajaran
|
-
Standar isi 2006, teks
cerita, kata tanya (apa, di mana, siapa), teks pendek, cerita rumpang, buku
paket bahasa Indonesia kelas 2, PUEYD, TBBBI, KBBI, dan referensi lain yang
relevan
|
-
Uji tertulis
|
-
Bacaan
-
Pilihan Ganda
-
Isian
|
Standar Kompetensi : D. Menulis
Menulis
permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte.
No
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
Penilaian
|
|
Jenis Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
|||||||
4
|
Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat
|
·
Cerita
rumpang (belum selesai)
|
-
Siswa
melengkapi cerita tentang data keluarga dengan kata yang tepat sesuai
penjelasan guru.
|
-
Melengkapi
cerita sederhana dengan kata yang tepat.
-
Memahami
tulisan permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita.
|
... x 1 Jam
Pelajaran
|
-
Standar isi 2006, teks
cerita, kata tanya (apa, di mana, siapa), teks pendek, cerita rumpang, buku
paket bahasa Indonesia kelas 2, PUEYD, TBBBI, KBBI, dan referensi lain yang
relevan
|
-
Uji tertulis
|
-
Bacaan
-
Pilihan Ganda
-
Isian
|
Mengetahui, ……………………………,…………………….
Kepala Sekolah Guru
Kelas / Mapel
____________________ ____________________
NIP.
………………………………… NIP.
…………………………………
SILABUS
Mata
Pelajaran : BAHASA INDONESIA Semester : Ganjil
Kelas : II Tahun
Pelajaran : …………………….
Standar Kompetensi : A. Mendengarkan
Memahami
teks pendek dan puisi anak yang dilisankan.
No
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
Penilaian
|
|
Jenis Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
|||||||
1
|
Mendeskripsikan isi puisi
|
·
Puisi anak
|
-
Siswa
mendeskripsikan isi puisi menggunakan kata-katanya sendiri dengan bimbingan
guru.
|
-
Memahami
puisi anak yang dilisankan.
-
Mendeskrepsikan
isi puisi dengan kata-kata sendiri.
|
... x 1 Jam
Pelajaran
|
-
Standar isi 2006, teks
cerita, kata tanya (apa, di mana, siapa), teks pendek, cerita rumpang, buku
paket bahasa Indonesia kelas 2, PUEYD, TBBBI, KBBI, dan referensi lain yang
relevan
|
-
Uji tertulis
-
Uji praktik
|
-
Bacaan
-
Pilihan Ganda
-
Isian
|
Standar Kompetensi : B. Berbicara
Mengungkapkan
pikiran, perasaan, dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan bertanya,
bercerita, dan deklamasi.
No
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
Penilaian
|
|
Jenis Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
|||||||
2
|
Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan
pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa.
|
·
Kata tanya :
apa, di mana, siapa
|
-
Siswa
menanyakan sesuatu menggunakan kalimat tanya dengan pilihan kata yang tepat
dan santun berbahasa kepada guru.
|
-
Mendeskripsikan
kata tanya
-
Bertanya
kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat.
|
... x 1 Jam
Pelajaran
|
-
Standar isi 2006, teks
cerita, kata tanya (apa, di mana, siapa), teks pendek, cerita rumpang, buku
paket bahasa Indonesia kelas 2, PUEYD, TBBBI, KBBI, dan referensi lain yang
relevan
|
-
Uji tertulis
-
Uji praktik
|
-
Bacaan
-
Pilihan Ganda
-
Isian
|
Standar Kompetensi : C. Membaca
Memahami
teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak.
No
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
Penilaian
|
|
Jenis Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
|||||||
3
|
Menyimpulkan isi teks pendek (10-15 kalimat) yang
dibaca dengan membaca lancar.
|
·
Teks pendek
(10-15 kalimat)
|
-
Siswa
membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat di hadapan guru.
-
Siswa
membaca dengan memperhatikan di mana tempat jeda (untuk berhenti, menarik
napas) jeda panjang atau pendek dengan bimbingan guru.
-
Siswa
menjawab atau mengajukan pertanyaan dari isi teks yang dibaca.
|
-
Membaca
lancar teks pendek.
-
Menyimpulkan
isi teks pendek yang dibaca dengan membaca lancar.
|
... x 1 Jam Pelajaran
|
-
Standar isi 2006, teks
cerita, kata tanya (apa, di mana, siapa), teks pendek, cerita rumpang, buku
paket bahasa Indonesia kelas 2, PUEYD, TBBBI, KBBI, dan referensi lain yang
relevan
|
-
Uji tertulis
-
Uji praktik
|
-
Bacaan
-
Pilihan Ganda
-
Isian
|
Standar Kompetensi : D. Menulis
Menulis permulaan melalui kegiatan
melengkapi cerita dan dikte.
No
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
Penilaian
|
|
Jenis Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
|||||||
4
|
Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru
dengan menggunakan huruf tegak bersambung dan memperhatikan penggunaan huruf
kapital dan tanda titik.
|
·
Kalimat
sederhana
|
-
Siswa
menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf sambung secara
tepat, rapi, dan mudah dibaca.
|
-
Menulis
kalimat sederhana dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
-
Menulis
kalimat sederhana yang didiktekan.
|
... x 1 Jam
Pelajaran
|
-
Standar isi 2006, teks
cerita, kata tanya (apa, di mana, siapa), teks pendek, cerita rumpang, buku
paket bahasa Indonesia kelas 2, PUEYD, TBBBI, KBBI, dan referensi lain yang
relevan
|
-
Uji tertulis
-
Uji praktik
|
-
Bacaan
-
Pilihan Ganda
-
Isian
|
Mengetahui, ……………………………,…………………….
Kepala Sekolah Guru
Kelas / Mapel
____________________ ____________________
NIP.
………………………………… NIP.
…………………………………
SILABUS
Mata
Pelajaran : BAHASA INDONESIA Semester : Ganjil
Kelas : II Tahun
Pelajaran : …………………….
Standar kompetensi : A. Mendengarkan
Memahami
teks pendek dan puisi anak yang dilisankan .
No
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
Penilaian
|
|
Jenis Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
|||||||
1
|
Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat
sendiri isi teks pendek
|
·
Teks cerita (10-12 Kalimat)
|
-
Siswa menjawab
pertanyaan sesuai isi cerita yang dibacakan oleh guru.
-
Siswa menceritakan
kembali cerita
menggunakan kata-kata sendiri dengan
bimbingan guru.
|
-
Mendengarkan
pembacaan teks pendek.
-
Menceritakan kembali cerita dengan menggunakan
kata-kata sendiri.
|
... x 1 Jam
Pelajaran
|
-
Standar isi 2006, teks
cerita, kata tanya (apa, di mana, siapa), teks pendek, cerita rumpang, buku
paket bahasa Indonesia kelas 2, PUEYD, TBBBI, KBBI, dan referensi lain yang
relevan
|
-
Uji tertulis
-
Portofolio
|
-
Bacaan
-
Pilihan Ganda
-
Isian
|
Standar Kompetensi : B. Berbicara
Mengungkapkan
pikiran, perasaan, dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan bertanya,
bercerita, dan deklamasi.
No
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
Penilaian
|
|
Jenis Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
|||||||
2
|
Menceritakan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang
mudah dipahami orang lain.
|
·
Cerita
tentang kegiatan sehari-hari di rumah dan di sekolah.
|
-
Siswa
menceritakan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang runtut dan mudah
dipahami orang lain dihadapan guru.
-
Siswa
menanyakan atau menanggapi kegiatan sehari-hari teman sekelas dengan
bimbingan guru.
|
-
Menceritakan
kegiatan sehari-hari.
-
Memahami
cara yang baik dalam menceritakan kegiatan sehari-hari.
|
... x 1 Jam
Pelajaran
|
-
Standar isi 2006, teks
cerita, kata tanya (apa, di mana, siapa), teks pendek, cerita rumpang, buku
paket bahasa Indonesia kelas 2, PUEYD, TBBBI, KBBI, dan referensi lain yang
relevan
|
-
Uji tertulis
-
Portofolio
|
-
Bacaan
-
Pilihan Ganda
-
Isian
|
Standar Kompetensi : C. Membaca
Memahami
teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak.
No
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
Penilaian
|
|
Jenis Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
|||||||
3
|
Menjelaskan isi puisi anak yang dibaca
|
·
Puisi anak
|
-
Siswa
Membacakan puisi anak dan mengekspresikannya dalam gerak dan mimik yang tepat
dihadapan guru.
-
Siswa
menjelaskan isi puisi.
|
-
Membacakan
puisi anak.
-
Menjelaskan
isi puisi anak.
|
... x 1 Jam
Pelajaran
|
-
Standar isi 2006, teks
cerita, kata tanya (apa, di mana, siapa), teks pendek, cerita rumpang, buku
paket bahasa Indonesia kelas 2, PUEYD, TBBBI, KBBI, dan referensi lain yang
relevan
|
-
Uji tertulis
-
Portofolio
|
-
Bacaan
-
Pilihan Ganda
-
Isian
|
Standar Kompetensi : D. Menulis
Menulis
permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte.
No
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
Penilaian
|
|
Jenis Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
|||||||
4
|
Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat
|
·
Cerita
rumpang (belum selesai)
|
-
Siswa
melengkapi cerita tentang data keluarga dengan kata yang tepat sesuai
penjelasan guru.
|
-
Melengkapi
cerita sederhana.
-
Mengetahui
hal-hal yang dapat dilakukan untuk melengkapi cerita.
|
... x 1 Jam
Pelajaran
|
-
Standar isi 2006, teks
cerita, kata tanya (apa, di mana, siapa), teks pendek, cerita rumpang, buku
paket bahasa Indonesia kelas 2, PUEYD, TBBBI, KBBI, dan referensi lain yang
relevan
|
-
Uji tertulis
-
Portofolio
|
-
Bacaan
-
Pilihan Ganda
-
Isian
|
Mengetahui, ……………………………,…………………….
Kepala Sekolah Guru
Kelas / Mapel
____________________ ____________________
NIP.
………………………………… NIP.
…………………………………
SILABUS
Mata
Pelajaran : BAHASA INDONESIA Semester : Ganjil
Kelas : II Tahun
Pelajaran : …………………….
Standar
Kompetensi : A. Mendengarkan
Memahami
teks pendek dan puisi anak yang dilisankan.
No
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
Penilaian
|
|
Jenis Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
|||||||
1
|
Mendeskripsikan isi puisi
|
·
Puisi
|
-
Siswa
mendeskripsikan isi puisi menggunakan kata-katanya sendiri dengan bimbingan
guru.
|
-
Mendengarkan
pembacaan puisi anak.
-
Mendeskripsikan
isi puisi dengan menggunakan kata-kata sendiri.
|
... x 1 Jam
Pelajaran
|
-
Standar isi 2006, teks
cerita, kata tanya (apa, di mana, siapa), teks pendek, cerita rumpang, buku
paket bahasa Indonesia kelas 2, PUEYD, TBBBI, KBBI, dan referensi lain yang
relevan
|
-
Uji tertulis
-
Portofolio
|
-
Bacaan
-
Pilihan Ganda
-
Isian
|
Standar Kompetensi : B. Berbicara
Mengungkapkan
pikiran, perasaan, dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan bertanya,
bercerita, dan deklamasi.
No
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
Penilaian
|
|
Jenis Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
|||||||
2
|
Mendeklamasikan puisi dengan ekspresi yang tepat
|
·
Puisi anak
|
-
Siswa
Mendeklamasikan puisi sesuai dengan isi dan mengekspresikan dalam gerak dan
mimik yang tepat di hadapan guru.
-
Siswa
menjelaskan isi puisi dengan bimbingan guru.
|
-
Mendeklamasikan
puisi sesuai dengan isi
-
Mengekspresikan puisi dalam gerak dan mimik yang tepat.
-
Mendeskripsikan isi puisi.
|
... x 1 Jam
Pelajaran
|
-
Standar isi 2006, teks
cerita, kata tanya (apa, di mana, siapa), teks pendek, cerita rumpang, buku
paket bahasa Indonesia kelas 2, PUEYD, TBBBI, KBBI, dan referensi lain yang
relevan
|
-
Uji tertulis
-
Portofolio
|
-
Bacaan
-
Pilihan Ganda
-
Isian
|
Standar Kompetensi : C. Membaca
Memahami
teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak.
No
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
Penilaian
|
|
Jenis Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
|||||||
3
|
Menyimpulkan isi teks pendek (10-15 kalimat) yang
dibaca dengan membaca lancar.
|
·
Teks pendek
(10-15 kalimat)
|
-
Siswa
membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat.
-
Siswa
membaca dengan memperhatikan di mana tempat jeda (untuk berhenti, menarik
napas) jeda panjang atau pendek dengan bimbingan guru.
-
Siswa
menjawab atau mengajukan pertanyaan dari isi teks yang dibaca.
|
-
Membaca
lancar teks pendek.
-
Memahami
teks pendek dengan membaca lancar.
-
Menyimpulkan
isi teks pendek yang dibaca dengan membaca lancar.
|
... x 1 Jam
Pelajaran
|
-
Standar isi 2006, teks
cerita, kata tanya (apa, di mana, siapa), teks pendek, cerita rumpang, buku
paket bahasa Indonesia kelas 2, PUEYD, TBBBI, KBBI, dan referensi lain yang
relevan
|
-
Uji tertulis
-
Portofolio
|
-
Bacaan
-
Pilihan Ganda
-
Isian
|
Standar Kompetensi : D. Menulis
Menulis
permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte.
No
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
Penilaian
|
|
Jenis Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
|||||||
4
|
Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru
dengan menggunakan huruf tegak bersambung dan memperhatikan penggunaan huruf
kapital dan tanda titik.
|
·
Kalimat
sederhana
|
-
Siswa
menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf sambung secara
tepat, rapi, dan mudah dibaca.
|
-
Menulis
kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung.
-
Memahami
penggunaan huruf kapital dan tanda baca titik.
|
... x 1 Jam
Pelajaran
|
-
Standar isi 2006, teks
cerita, kata tanya (apa, di mana, siapa), teks pendek, cerita rumpang, buku
paket bahasa Indonesia kelas 2, PUEYD, TBBBI, KBBI, dan referensi lain yang
relevan
|
-
Uji tertulis
-
Portofolio
|
-
Bacaan
-
Pilihan Ganda
-
Isian
|
Mengetahui, ……………………………,…………………….
Kepala Sekolah Guru
Kelas / Mapel
____________________ ____________________
NIP.
………………………………… NIP.
…………………………………
SILABUS
Mata
Pelajaran : BAHASA INDONESIA Semester : Ganjil
Kelas : II Tahun
Pelajaran : …………………….
Standar kompetensi : A. Mendengarkan
Memahami
teks pendek dan puisi anak yang dilisankan .
No
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
Penilaian
|
|
Jenis Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
|||||||
1
|
Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat
sendiri isi teks pendek
|
·
Teks cerita (8-12 Kalimat)
|
-
Siswa menjawab
pertanyaan sesuai isi cerita yang dibacakan oleh guru.
-
Siswa menceritakan
kembali cerita
menggunakan kata-kata sendiri dengan
bimbingan guru.
|
-
Mendengarkan
pembacaan teks pendek.
-
Memahami
teks pendek yang dilisankan.
-
Menceritakan kembali cerita dengan menggunakan
kata-kata sendiri.
|
... x 1 Jam
Pelajaran
|
-
Standar isi 2006, teks
cerita, kata tanya (apa, di mana, siapa), teks pendek, cerita rumpang, buku
paket bahasa Indonesia kelas 2, PUEYD, TBBBI, KBBI, dan referensi lain yang
relevan
|
-
Uji tertulis
-
Uji Praktik
|
-
Bacaan
-
Pilihan Ganda
-
Teka-teki
|
Standar Kompetensi : B. Berbicara
Mengungkapkan
pikiran, perasaan, dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan bertanya,
bercerita, dan deklamasi.
No
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
Penilaian
|
|
Jenis Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
|||||||
2
|
Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan
pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa.
|
·
Kata tanya :
apa, di mana, siapa
|
-
Siswa
menggunakan kalimat tanya untuk menanyakan sesuatu kepada orang yang belum
dikenal dengan pilihan kata yang tepat.
|
-
Bertanya
kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat.
-
Memahami
tentang kata tanya.
|
... x 1 Jam
Pelajaran
|
-
Standar isi 2006, teks
cerita, kata tanya (apa, di mana, siapa), teks pendek, cerita rumpang, buku
paket bahasa Indonesia kelas 2, PUEYD, TBBBI, KBBI, dan referensi lain yang
relevan
|
-
Uji tertulis
-
Uji praktik
|
-
Bacaan
-
Pilihan Ganda
-
Teka-teki
|
Standar Kompetensi : C. Membaca
Memahami
teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak.
No
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
Penilaian
|
|
Jenis Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
|||||||
3
|
Menjelaskan isi puisi anak yang dibaca
|
·
Teks pendek
(10-12 kalimat)
|
-
Siswa
Membacakan puisi anak dan mengekspresikannya dalam gerak dan mimik yang tepat
dihadapan guru.
|
-
Membacakan
puisi anak sesuai dengan intonasi yang tepat.
-
Mengekspresikan
puisi dalam gerak dan mimik yang tepat.
-
Mendeskripsikan
isi puisi.
|
... x 1 Jam
Pelajaran
|
-
Standar isi 2006, teks
cerita, kata tanya (apa, di mana, siapa), teks pendek, cerita rumpang, buku
paket bahasa Indonesia kelas 2, PUEYD, TBBBI, KBBI, dan referensi lain yang
relevan
|
-
Uji tertulis
-
Uji praktik
|
-
Bacaan
-
Pilihan Ganda
-
Isian
|
Standar Kompetensi : D. Menulis
Menulis
permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte.
No
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
Penilaian
|
|
Jenis Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
|||||||
4
|
Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat
|
·
Cerita
rumpang (belum selesai)
|
-
Siswa
melengkapi cerita tentang data keluarga dengan kata yang tepat sesuai
penjelasan guru.
|
-
Melengkapi
cerita sederhana.
-
Memahami
cerita sederhana yang telah dilengkapi kata yang tepat.
|
... x 1 Jam
Pelajaran
|
-
Standar isi 2006, teks
cerita, kata tanya (apa, di mana, siapa), teks pendek, cerita rumpang, buku
paket bahasa Indonesia kelas 2, PUEYD, TBBBI, KBBI, dan referensi lain yang
relevan
|
-
Uji tertulis
-
Portofolio
|
-
Bacaan
-
Pilihan Ganda
-
Isian
|
Mengetahui, ……………………………,…………………….
Kepala Sekolah Guru
Kelas / Mapel
____________________ ____________________
NIP.
………………………………… NIP.
…………………………………
PROGRAM
TAHUNAN (PROTA)
Nama
Sekolah : Sumbergondo 1 Kelas : II
Mata
Pelajaran : IPA Tahun
Pelajaran : 2011-2012
No
|
Alokasi Waktu
|
Materi pokok/Pembelajaran
|
1
|
... x 1 Jam
Pelajaran
|
Bagian-bagian
Tubuh Hewan dan Tumbuhan
·
Bagian-bagian
utama tubuh hewan dan tumbuhan
|
2
|
... x 1 Jam
Pelajaran
|
Pertumbuhan
pada hewan dan tumbuhan
·
Pertumbuhan
hewan dan tumbuhan
|
3
|
... x 1 Jam
Pelajaran
|
Tempat
hidup makhluk hidup
·
Tempat hidup
makhluk hidup
·
Makhluk
hidup yang menguntungkan dan merugikan manusia
|
4
|
... x 1 Jam
Pelajaran
|
Bentuk
dan wujud benda serta kegunaannya
·
Ciri-ciri
benda padat dan benda cair
·
Perubahan
bentuk dan wujud benda
·
Benda dan
kegunaannya
|
5
|
... x 1 Jam
Pelajaran
|
Sumber
energi dan kegunaannya
·
Alat-alat
rumah tangga yang menghasilkan panas, bunyi, dan cahaya
·
Sumber
energi yang menghasilkan panas, bunyi, dan cahaya
·
Alat-alat
rumah tangga yang menggunakan energi listrik
·
Energi yang
sering digunakan dalam kehidupan
|
6
|
... x 1 Jam
Pelajaran
|
Pengaruh
sinar matahari terhadap kondisi alam dan kehidupan di bumi
·
Kenampakan
matahari
·
Kegunaan
panas dan cahaya matahari
|
Mengetahui, ……………………………,…………………….
Kepala Sekolah Guru Kelas /
Mapel
KOMSIYATIN,S.Pd SRI DHEWI
NIP. 19590617 198010 2 005 NIP. 19520826 198201 2 002
SILABUS
Mata
Pelajaran : IPA Semester : Ganjil
Kelas : II Tahun
Pelajaran : …………………….
Standar
Kompetensi : 1. Memahami ciri-ciri
dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada
makhluk hidup
No
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
Penilaian
|
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
|||||||
1.1
|
Mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan di
sekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan
|
Bagian-bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan
|
-
Siswa
mengidentifikasi bagian-bagian utama tubuh hewan dan kegunaannya dari
pengamatan gambar dan hewan di lingkungan sekitar.
-
Siswa
mengidentifikasi bagian utama tubuh tumbuhan di sekitarnya.
|
-
Membuat
daftar bagian-bagian utama tubuh hewan (kucing, burung, ikan) dan kegunaannya
dari hasil pengamatan.
-
Menggambar
secara sederhana dan mewarnai bagian-bagian utama tubuh hewan.
-
Menirukan
berbagai suara hewan yang ada di lingkungan sekitar.
-
Menceritakan
cara hewan bergerak berdasarkan pengamatan, misalnya : menggunakan kaki,
perut, sayap, dan sirip.
-
Membuat
daftar bagian utama tumbuhan (akar, batang, daun, bunga dan biji/buah)
berdasarkan hasil pengamatan.
-
Menggambarkan
bagian utama tumbuhan secara sederhana.
|
... x 1 Jam
Pelajaran
|
-
Buku paket IPA kelas 2
-
Buku Referensi
lain yang relevan
|
-
Tagihan tes
tertulis
-
Tagihan tes praktik
|
-
Pilihan
ganda
-
Isian
-
Uraian
|
1.2
|
Mengidentifikasi perubahan yang terjadi pada pertumbuhan
hewan (dalam ukuran) dan tumbuhan (dari biji menjadi tanaman).
|
Pertumbuhan hewan dan tumbuhan.
|
-
Siswa
mendeskripsikan pertumbuhan pada hewan dari pengamatan.
-
Siswa
mendeskripsikan pertumbuhan biji menjadi tanaman melalui praktikum.
|
-
Menceritakan
perubahan-perubahan yang dialami hewan dalam ukuran pada saat tumbuh
berdasarkan hasil pengamatan.
-
Membuat
gambar pertumbuhan hewan misalnya anak ayam menjadi ayam dewasa.
-
Menanam biji
dan mengamati pertumbuhannya.
-
Menceritakan
perubahan yang terjadi pada biji yang
ditanam.
|
... x 1 Jam
Pelajaran
|
-
Buku paket IPA kelas 2
-
Buku Referensi
lain yang relevan
|
-
Tagihan tes
tertulis
-
Tagihan tes praktik
|
-
Pilihan
ganda
-
Isian
-
Uraian
|
1.3
|
Mengidentifikasi berbagai tempat hidup makhluk hidup
(air, tanah, dan tempat lainnya).
|
Tempat hidup makhluk hidup.
|
-
Siswa
mengidentifikasi tempat hidup berbagai hewan dan tumbuhan.
|
-
Menunjukkan
tempat hidup makhluk hidup tertentu.
-
Memberi
contoh hewan dan tumbuhan yang hidup di darat dan di air.
-
Memberi
contoh tumbuhan yang hidup di tumbuhan lain melalui pengamatan.
|
... x 1 Jam
Pelajaran
|
-
Buku paket IPA kelas 2
-
Buku Referensi
lain yang relevan
|
-
Tagihan tes
tertulis
-
Tagihan tes praktik
|
-
Pilihan
ganda
-
Isian
-
Uraian
|
1.4
|
Mengidentifikasi makhluk hidup yang menguntungkan
dan membahayakan
|
Makhluk hidup yang menguntungkan dan merugikan manusia
|
-
Siswa
menjelaskan keterkaitan hewan dan tumbuhan dengan kehidupan manusia.
|
-
Memberi
contoh berbagai hewan yang menguntungkan dan merugikan manusia.
-
Memberi
contoh berbagai tumbuhan di sekitar yang berguna bagi manusia.
|
... x 1 Jam
Pelajaran
|
-
Buku paket IPA kelas 2
-
Buku Referensi
lain yang relevan
|
-
Tagihan tes
tertulis
-
Tagihan tes praktik
|
-
Pilihan
ganda
-
Isian
-
Uraian
|
Standar
Kompetensi : 2. Mengenal berbagai
bentuk benda dan kegunaannya serta perubahan wujud yang dapat dialaminya.
No
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
Penilaian
|
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
|||||||
2.1
|
Mengidentifikasi ciri-ciri benda padat dan cair yang
ada di lingkungan sekitar.
|
Ciri benda padat dan benda cair
|
-
Siswa mengidentifikasi ciri
benda padat dan cair di sekitarnya melalui pengamatan.
|
-
Menunjukkan beragam jenis
benda padat benda cair yang ada di sekitarnya.
-
Membedakan ciri benda padat
dan benda cair.
|
... x 1 Jam Pelajaran
|
-
Buku paket IPA kelas 2
-
Buku Referensi lain
yang relevan
|
-
Tagihan tes tertulis
-
Tagihan tes praktik
|
-
Pilihan ganda
-
Isian
-
Uraian
|
2.2
|
Menunjukkan perubahan bentuk dan wujud benda
(plastisin/tanah liat/adonan tepung) akibat dari kondisi tertentu.
|
Perubahan bentuk dan wujud benda
|
-
Siswa menunjukkan perubahan
bentuk dan wujud benda akibat dari kondisi tertentu melalui pengamatan dan
praktikum.
|
-
Mengidentifikasi beda-benda
di sekitar yang dapat berubah bentuk seperti plastisin/tanah liat ketika
dibentuk.
-
Mencari contoh benda padat
yang dapat berubah wujud menjadi benda cair dan sebaliknya yaitu benda cair
menjadi padat.
|
... x 1 Jam Pelajaran
|
-
Buku paket IPA kelas 2
-
Buku Referensi lain
yang relevan
|
-
Tagihan tes tertulis
-
Tagihan tes praktik
|
-
Pilihan ganda
-
Isian
-
Uraian
|
2.3
|
Mengidentifikasi benda-benda yang dikenal dan
kegunaannya melalui pengamatan.
|
Benda dan kegunaannya
|
-
Siswa mengidentifikasi
benda-benda yang ada di sekitar dan menceritakan kegunaannya.
|
-
Mengidentifikasi benda-benda
yang ada disekitar.
-
Menceritakan penggunaan
benda-benda disekitar.
|
... x 1 Jam Pelajaran
|
-
Buku paket IPA kelas 2
-
Buku Referensi lain
yang relevan
|
-
Tagihan tes tertulis
-
Tagihan tes praktik
|
-
Pilihan ganda
-
Isian
-
Uraian
|
Mengetahui, ……………………………,…………………….
Kepala Sekolah Guru
Kelas / Mapel
____________________ ____________________
NIP.
………………………………… NIP.
…………………………………
Tidak ada komentar:
Posting Komentar