Jumat, 28 September 2012

10 Cara Mudah Untuk Belajar Bahasa Inggris


10 Cara Mudah Untuk Belajar Bahasa Inggris

Di banyak negara di mana bahasa Inggris bukanlah merupakan bahasa utama, adalah sesuatu yang penting untuk belajar bahasa Inggris demi sejumlah alasan. Pertama-tama, banyak negara-negara berbahasa Inggris yang melakukan perjalanan bisnis atau wisata ke negara-negara dimana mereka tidak dapat berbicara bahasa asli negara itu, sehingga perlu bagi mereka untuk berbicara kepada orang lain yang bisa berbahasa Inggris. Kemudian lagi, banyak yang ingin belajar bahasa Inggris karena mereka berharap untuk dapat mengunjungi atau bahkan tinggal di sebuah negara berbahasa Inggris suatu hari nanti.

 Namun demikian, bagaimana untuk dapat belajar berbicara bahasa Inggris di sebuah negara yang tidak menggunakan bahasa Inggris merupakan suatu hal yang cukup menantang. Berbeda halnya dengan mereka yang belajar berbicara bahasa Inggris di negara-negara yang memang menggunakan berbahasa Inggris sebagai bahasa utama, yang tetunya memiliki banyak sumber daya untuk pembelajaran mereka seperti, televisi, radio, dan perpustakaan yang dikemas penuh dengan buku yang ditulis dalam bahasa Inggris, sedangkan bagi mereka yang belajar di negara-negara yang tidak menggunakan bahasa Inggris tentunya tidak selengkap sebagaimana yang dinikmati mereka yang berlajar di negara-negara berbahasa Inggris. Itulah sebabnya penting untuk mengeksplorasi pilihan lain.

 Berikut adalah 10 Cara Terbaik Untuk Belajar Bahasa Inggris bagi Anda yang ingin belajar berbicara bahasa Inggris :

1. Internet
 Internet akan menjadi teman terbaik Anda. Hal ini dikarenakan oleh Internet kemas dengan penuh sumber daya, bahan bacaan, rekaman suara, dan banyak lagi yang dapat membantu Anda belajar mengenai arti dari kata-kata sehingga Anda dapat membacanya sekaligus mengucapkannya.

2. Film Berbahasa Inggris
 Datangi dan beli atau sewa film-film berbahasa Inggris di toko video yang terdekat ditempat tinggal Anda. Jangan khawatir tentang nilai hiburannya. Anda hanya perlu menonton sehingga Anda dapat menghentikannya dan memutar ulang video tersebut dalam rangka untuk memfokuskan pada keterampilan bicara bahasa Inggris Anda.

3. Rekaman
 Rekamlah sendiri ketika Anda berbicara bahasa Inggris. Setelah Anda selesai merekam, putar kembali dan dengar apa yang telah Anda ucapkan. Jika ucapan Anda pada rekaman tersebut tidak jelas, maka Anda dapat mencobanya lagi. Ini adalah cara yang bagus untuk melihat bagaimana orang lain mendengar Anda.

4. Perpustakaan
 Datanglah ke perpustakaan dan pilih buku-buku yang ditulis dalam bahasa Inggris. Cobalah mulai dari membaca judulnya. Anda hanya perlu sedikit berhati-hati pada tingkat kesulitan dalam berlatih menulis beberapa kalimat.

5. Lagu Berbahasa Inggris
 Cari dan beli CD lagu-lagu berbahasa Inggris dan dengarkan. Disini Anda dapat berlatiih menguraikan kata-kata dan bahkan mencoba untuk bernyanyi bersama. Hal ini akan sangat menyenangkan. Dan jika Anda ingin, Anda dapat merekam diri Anda sendiri untuk dapat di dengar apa yang masih kurang dan apa yang perlu diperbaiki dari cara penuturan Anda dalam berbahasa Inggris.

6. Membaca Tiap Tulisan
 Cobalah untuk membiasakan dengan bahasa Inggris dalam setiap kegiatan Anda. Bukan hanya dengan buku, film, dan CD, namun banyak majalah dan produk-produk lain yang dapat Anda temukan di toko yang mungkin menjual produk-produk berbahasa Inggris. Di beberapa negara banyak produk yang ditulis dalam bahasa Inggris didalam kemasannya.

7. Berlatih dengan Teman
 Berlatih dengan seorang teman. Teman Anda mungkin tidak mengerti betul bahasa Inggris, namun mereka akan terkesan dengan keahlian Anda. Anda bahkan dapat mencoba untuk mengajarkan apa yang telah Anda pelajari karena Anda akan cenderung lupa dengan mengulangi informasi yang lain.

8. Cari Arti Kata (Vocabulary)
 Jika Anda mendengar kata dan Anda tidak tahu apa itu, segera tulis dan melakukan penelitian tentang apa maksud dan artinya. Dalam penelitian Anda, Anda akan menemukan lebih banyak lagi kata-kata dalam bahasa Inggris yang dapat menjadikan bahan refensi untuk dipelajari.

9. Kegiatan dalam Bahasa Inggris
 Tulislah semua kegiatan sehari-hari Anda didalam buku harian dengan menggunakan bahasa Inggris. Anda dapat memulai menulisnya dengan cara sederhana sesuai yang Anda inginkan.

10. Kursus Online
 Dan yang paling penting untuk belajar bahasa Inggris adalah mempertimbangkan pemanfaatan kursus-kursus bahasa Inggris secara online yang saat ini banyak ditawarkan di media-media internet. Kursus online ini akan dapat membantu Anda belajar dengan cepat dan Anda akan memperoleh bahan-bahan yang akan pelajari untuk belajar. Sehingga akan membuat Anda mahir dalam bahasa Inggris.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar