Minggu, 30 September 2012

10 Tips Mudah Agar Sukses Saat Presentasi

10 Tips Mudah Agar Sukses Saat Presentasi


Presentasi bisa dibilang merupakan salah satu momentum penting dalam pelaksanaan sebuah exhibition event dan exhibition event organizer. Untuk itu penyampaian presentasi harus meyakinkan sesuai dengan isi materi. Berikut ini sedikit tips dari twelvemonkeys agar sukses di presentasi:

1. Kuasai materi
Menguasai materi artinya anda dapat memilih materi yang harus anda tekankan dan materi yang dapat dihilangkan agar membuat presentasi menjadi lebih efektif. Penguasaan materi ini membuat kita menjadi lebih nyaman pada saat presentasi dan membuat presentasi exhibition event dan exhibition event organizerberjalan dengan baik.

2. Jiwai materi yang anda bawakan
Membawakan presentasi tidaklah sama seperti membacakan puisi, anda tidak perlu menghafal materi yang anda bawakan, setiap presentasi membutuhkan 2 hal yakni harus hidup dan memiliki energi. Hal ini akan anda peroleh jika anda menjiwai materi yang anda bawakan.

3. Lakukan simulasi presentasi anda
Sebelum berpresentasi ada baiknya anda melakukan simulasi presentasinya terlebih dahulu. Jika memungkinkan undang rekan anda pada saat simulasi dan mintalah pendapat mereka dengan jujur tentang performa anda pada saat presentasi. Tidak ada salahnya jika anda terus mengulang agar memperoleh kesempurnaan.

4. Kuasai ruangan presentasi anda
Usahakan datang sebelum presentasi. Berjalanlah diseluruh ruangan agar anda dapat menentukan view exhibition event management yang paling tepat buat anda ketika berpresentasi.

5. Kuasai peralatan anda saat presentasi
Pastikan sound system berjalan dengan sempurna, juga pastikan lcd exhibition event management anda dapat menampilkan presentasi anda dengan sempurna, tidak ada salahnya anda juga mengecek saklar lampu untuk memastikan seluruh bahan presentasi anda dapat terlihat dengan sempurna.

6. Simpan bahan presentasi anda dalam disk drive
Walau terlihat sepele, pastikan anda menyimpan semua file didalam disk drive, menyimpannya dalam floopy, flash disc ataupun cd kadang membuat running presentasi anda menjadi lebih lambat.

7. Gunakan remote control
Jangan kaku berdiri di stage dan jangan selalu berada disamping laptop dan lcd yang anda gunakan. Anda harus berada pada posisi dimana semua audiens dapat melihat anda dengan jelas, olah karena itu tidak ada salahnya anda menggunakan remote control. Tapi bukan berarti jika anda menggunakan remote anda bebas untuk berkeliling pada saat presentasi, hal tersebut hanya memecah konsentrasi audiens anda.

8. Hindari penggunaan laser pointer
Penggunaan laser pointer dapat memecah konsentrasi audiens event anda, apalagi pada saat anda mengalami kegugupan, penggunaan laser pointer malah jadi tidak efektif. Lebih baik anda menggunakan handsout pada materi2 yang ingin anda tampilkan.

9. Jangan berbicara pada slide yang anda buat
Banyak presenter yang lebih melihat pada slide yang nyata-nyata telah mereka ketahui isinya daripada melihat audiens. Sebaiknya anda fokuskan mata dan perhatian anda kepada audiens, perbanyak kontak mata akan membuat presentasi anda menjadi lebih menarik.

10. Navigasikan slide anda
Sebaiknya anda membuat slide dengan menggunakan ‘link‘ hal ini penting karena audiens event seringkali bertanya pada slide yang telah anda presentasikan. Penggunaan link membuat anda lebih mudah untuk menemukan slide yang perlu ***lang, tanpa harus menampilkan seluruh slide presentasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar