Minggu, 23 September 2012

RPP IPA SD KELAS 4 SEMESTER 1 LENGKAP


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
                                    Sekolah                       : 
                                    Mata Pelajaran            : IPA
Kelas / Semester          : IV / I
Hari / Tanggal             : 
Alokasi waktu             : 3 x 35’
 


A.    STANDAR KOMPETENSI
4. Memahami daur hidup beragam jenis makhluk hidup

B.     KOMPETENSI DASAR
4.2 Menunjukkan kepedulian terhadap hewan pemeliharaan misalnya kucing, ayam, ikan.

C.    INDIKATOR
·         Menentukan beberapa jenis hewan pemeliharaan di lingkungan sekitar.
·         Menjelaskan cara memelihara hewan peliaharaan di lingkungan sekitar, misalnya kucing, ayam, ikan.

D.    PENGEMBANGAN INDIKATOR/TUJUAN PEMBELAJARAN
·        Siswa dapat memberikan contoh beberapa jenis hewan pemeliharaan di lingkungan sekitar.
·         Siswa dapat menjelaskan cara memelihara hewan peliharaan di lingkungan sekitar misalna kucing, ayam, ikan.

E.     MATERI POKOK
Hewan peliharaan dan cara memeliharanya




F.     LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
No
Langkah Pembelajaran
Pengorganisasian
Kelas
Waktu
1
Pra Kegiatan
·         Salam Pembuka
·         Do’a
·         Presensi
Klasikal
3 menit

2
Kegiatan Awal
·         Apersepsi
Guru bertanya kepada siswa bahwa apakah di rumah memiliki hewanpeliharaan, seperti kucing, ikan, dsb.
·         Eksplorasi Materi
Cara menyampaikan materi yang akan di pelajari hari ini.
·         Ekspolasi Tujuan
      Guru mengemukakan tujuan pembelajaran dan kegiatan –kegiatan yang akan dilaksanakan.

Klasikal



Klasikal


Klasikal
17 menit
13 menit



2 menit


2 menit
3
Kegiatan Inti
·         Guru menunjukkan gambar dan benda tiruan hewan sapi/ikan kepada siswa, kemudian siswa menanggapi bagaimana cara merawatnya dengan baik.
·         Guru membagi kelas dalam beberapa kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 4-5 anak.
·         Guru membagikan LKS kepada masing-masing kelompok.
·         Siswa mengerjakan LKS sesuai dengan petunjuk yang ada di dalam LKS
·         Masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusinya
·         Kelompok lain memberi tanggapan
·         Guru memberikan penguatan

Klasikal



Kelompok


Kelompok

Kelompok

Kelompok

Kelompok
Klasikal
70 menit
15 menit



3 menit


2 menit

15 menit

10 menit

10 menit
10 menit
4
Kegiatan akhir
·         Kesimpulan
Siswa bersama guru menyampaikan materi yang telah dipelajari
·         Evaluasi
Siswa mengerjakan soal evaluasi
·         Refleksi
Siswa diberi kesempatan untuk menyampaikan kesan-kesan selama pembelajaran dan memberikan saran untuk pembelajaran selanjutnya.
·         Tindak Lanjut
·         Penutup

Klasikal


Individu


Klasikal




Individu
Klasikal
20 menit
5 menit


10 menit


2 menit




2 menit
1 menit

G. METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
Ø  Metode Pembelajaran
v  Ceramah
v  Tanya Jawab
v  Diskusi
v  Penugasan

Ø  Model Pembelajaran
v  Example non example


H. MEDIA/ALAT DAN SUMBER PEMBELAJARAN
Ø  Media/Alat Pembelajaran
v  Gambar hewan peliharaan (sapi, kucing, kambing, dsb)
v  Gambar kandang hewan peliharaan
v  Gambar makanan hewan peliharaan

Ø  Sumber Pembelajaran
Harmi, Sri. 2004. Jendela Sains Lingkungan dan Alam Sekitar untuk kelas IV SD. Solo:Tiga Serangkai
Haryanto. 2004. SAINS untuk SD kelas IV. Jakarta:Erlangga
Kurikulum. 2006. Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan. Jakarta:Departemen Pendidikan Nasioanal.
Sulistyanto, Heri. Wiyono, Edy. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam untuk kelas IV Sekolah Dasar. Jakarta.Depdiknas.
Wahyono, Budi. Nurachmandani, Setya. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam untuk kelas IV Sekolah Dasar. Klaten:Depdiknas.

I.             Penilaian
a.       Produser Penilaian
·         Proses Hasil        : Dilaksanakan selama proses pembelajaran
·         Hasil                   : Dilaksanakan pada akhir pembelajaran
b.      Jenis Penilaian
·         Proses                 : Lisan dan perbuatan
·         Tes Hasil            : Tulis
c.       Bentuk Penilaian     
·         Tes Proses          : Pengamatan
·         Tes hasil             : Subjektif
d.      Alat Penilaian
·         Tes proses           : Lembar pengamatan
·         Tes Hasil            : Soal Evaluasi


J. LAMPIRAN
Ø  Lampiran 1      : Rangkuman Materi
Ø  Lampiran 2      : Lembar Pengamatan
Ø  Lampiran 3      : Lembar Kegiatan Siswa (LKS)
Ø  Lampiran 4      : Lembar Evaluasi
Ø  Lampiran 5      : Kunci jawaban soal evaluasi dan penskoran



Mengetahui                                                                             Batu, 
Kepala SDN                                                                           Praktikum



KOMSIYATIN, S.Pd                                                              DIYAH SITORESMI
NIP.  19590617 198010 2 005                                               NIM 821001542

                                                           













Lampiran 1
Rangkuman Materi

Ø  Hewan yang ada dis ekitar kita beragam jenisnya. Di antara hewan-hewan itu ada yang hidup liar, ada juga yang bisa dipelihara.
Ø  Agar hewan yang kita pelihara hidup dengan baik dan sehat, kita harus memperhatikan beberapa hal yaitu :
-          Memberi makanan, minuman yangs ehat
-          Menjaga kebersihan, dan kesehatan hewan
-          Membuat kandang, dan menjaga kebersihannya
-          Mengobati sakit atau luka pada hewan

2011-11-07002
 



















Lampiran 3
LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS)

                        Satuan Pendidikan      : SDN SUMBERGONDO 01
Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan ALam
Kelas/Semester            : IV (Empat) / 1 (satu)

Nama Kelompok :
1 ……………………………………………………
2. …………………………………………………..
3. …………………………………………………..
4. …………………………………………………...
5. …………………………………………………..

Petunjuk Khusus :
Mengelompokkan Hewan
Perhatikan hewan – hewan yang ada di sekeliling tempat tinggalmu. Kemudian salin dan isi kolom yang tersedia dengan tanda (P) jika ya dan tanda (-) jika tidak.
No
Nama Hewan
Peliharaan
Liar
Berguna
Merugikan
Cara merawat
1.






2.


3

4


5


6


7


8


9


10
Kelinci






Cecak


………….

………….


………….


………….


………….


………….


………….


………….

P






-


………..

………..


………..


………..


………..


………..


………..


………..
-






P


……

……


……


……


……


……


……


……

P






P


………

………


………


………


………


………


………


………
-






-


.............

.............


.............


.............


.............


.............


.............


.............
- Memberi makan rumput atau wortel dengan teratur.
- Membersihkan kandangnya dan memandikan setiap minggu.
………………..


………………..

………………..


………………..


………………..


………………..


………………..


………………..


………………..












Lampiran 2
LEMBAR PENGAMATAN
                                    Mata Pelajaran            : IPA
                                    Satuan Pendidikan      : SD/MI
                                    Kelas/Semester            : IV (empat) / I (satu)
                                    Materi Pokok              : Hewan peliharaan dan cara meliharanya

No
Nama siswa
Aspek yang dinilai
Ket.
Keaktifan
Keberanian
Kerjasama
Ketepatan jawaban

Pengumpulan tugas

A
B
C
A
B
C
A
B
C
A
B
C
A
B
C
































v  KRITERIA PENILAIAN
1.      Keaktifan
A   : Jika siswa aktif menanggapi permasalahan dengan tepat tanpa diminta
B   : Jika siswa aktif menanggapi permasalahan dengan tepat setelah diperintah
C   : Jika siswa pasif (diam saja)  
2.      Keberanian           
A   : Jika siswa berani mengungkapkan pendapatnya tanpa diminta
B   : Jika siswa berani mengungkapkan pendapatnya setelah diperintah
C   : Jika siswa berani mengungkapkan pendapatnya setelah adanya paksaan
3.      Kerjasama
A   : Jika siswa ikutserta mengungkapkan pendapat dalam membahas LKS berkelompok
B   : Jika siswa ikut serta dalam kelompok tanpa mengungkapkan pendapatnya dalam pembahasan LKS
C   : Jika siswa tidak ikut serta dalam pembahasan LKS
4.      Ketepatan Jawaban
A   : Jika jawaban yang diungkapkan siswa benar dan tepat seluruhnya
B   : Jika jawaban yang diungkapkan siswa masih ada yang belum benar atau kurang tepat
C   : Jika jawaban yang diungkapkan siswa belum benar atau salah
5.      Pengumpulan Tugas
A   : Jika siswa mengumpulkan tugas sesuai dengan jadwal pengumpulan
B   : Jika siswa mengumpulkan tugas lebih dari jadwal pengumpulan
C   : Jika siswa tidak mengumpulkan tugas

v  SKOR LEMBAR PENGAMATAN
Penilaian kualitif apabila dikonversikan ke dalam bentuk penilaian kuantitatif dengan menggunakan skala 100, yaitu :










PENILAIAN KUALITATIF DAN KUANTITATIF
Penilaian Kualitatif
Penilaian Kuantitatif
Keterangan
A
67 – 100
Baik
B
34 – 66
Cukup
C
0 – 33
Kurang


Rumus penilaian lembar pengamatan : Np = Na + Nb + Nc + Nd + Ne
                                                                                                                5
Keterangan :
Np       : Nilai Pengamatan
Na           : Nilai Keaktifan
Nb        : Nilai Keberanian
Nc        : Nilai Kerjasama
Nd        : Nilai Ketepatan Jawaban
Ne        : Nilai Pengumpulan Tugas
















Lampiran 4

Nama               : ……………………………..
Kelas               : ……………………………..
No. absen        : ……………………………..

LEMBAR SOAL EVALUASI
1.      Jenis ikan apa yang biasanya dipelihara di akuarium?
Bagaimana cara memeliharanya?
2.      Mengapa tidak baik membuat kandang ayam di dekat rumah?
Bagaimana cara memeliharanya?
3.      Pernahkah kamu punya hewan peliharaan di rumahmu?
Bagaimana cara memeliharanya?
4.      Apakah kamu punya hewan peliharaan di rumahmu?
Apakah kamu saying terhadap binatang tersebut? Apa yang kamu lakukan untuk memeliharanya?















Lampiran 5
Kunci Jawaban Soal Evaluasi

  1. Ikan kooky, cara pemeliharaannya dengan menguras akuarium seminggu sekali dan memberi makanan setiap dua hari sekali.
  2. Karena dapat menyebabkan penyakit pada saluran pernafasan dan kotoran nayam yang dapat menyebabkan kuman penyakit
  3. Dengan membuat kandang yang baik, memberi rumput yang sehat, dan merawatnya dengan baik yaitu makan dan memandikan dengan teratur, serta membersihkan kandang dengan intensif.
  4. Iya.
Aku memelihara kucing
Di rumah aku selalu membersihkan tempat tidur dan tempat makanan kucing, memberi makan makanan yang baik, dan memandikan kucing setiap minggu sekali.

LEMBAR PENSKORAN

v  Setiap soal diberi bobot                = 25
v  Jumlah soal                                    = 4
v  MES                                              = Jumlah soal x bobot soal
v  SMA                                             = Jumlah jawaban benar x bobot soal

NH = SMA x 100
          MES

Keterangan
MES                = Maximum estimate score
SMA               = Score maximal actual
NH                  = Nilai hasil

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar