Senin, 24 September 2012

Contoh Resensi Buku "Narkoba Bahaya dan Upaya Pencegahannya"


Judul                           : Narkoba Bahaya dan Upaya Pencegahannya
Penulis                         : Drs. Darsono
Penerbit                       : PT. BENGAWAN ILMU
Tebal                           : 90 Halaman

Pengantar buku           :
            Puji syukur kehadirat Allah SWT atas rahmat dan ridhonya, buku yang berjudul “Narkoba: Bahaya dan Upaya Pencegahannya” dapat disusun.
            Ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan masukan dan saran kepada penulis sehingga penulis dapat menyelesaikan buku ini dengan lancar tanpa halangan dan hambatan.
            Narkoba merupakan masalah yang mengkhawatirkan bagi generus penerus bangsa.oleh karena itu didorong untuk memberikan pengetahuan tentang bahaya narkoba pada anak-anak, maka perlu kiranya memberikan pengetahuan tentang narkoba pada anak-anak sejak dini.
            Tujuan penulisan buku ini adalah agar anak-anak kita sendiri mengenal narkoba, terutama tentang akibat penggunaan narkoba. Dengan adanya pengetahuan yang benar tentang narkoba pada anak-anak, diharapkan anak-anak tidak berani mencobanya, dan mampu menularkan pengetahuan ini kepada teman-temannya.

Meresensi buku           :
            Dalam buku karya Drs. Sunarno yang berjudul “Narkoba: Bahaya dan Upaya Pencegahannya” ini, kita diajak untuk mengenal berbagai jenis narkoba (hal 9). Dan juga, upaya-upaya untuk menghindari barang haram, yang biasa kita kenal sebagai narkoba (hal 77). Dalam buku ini, pembaca juga akan diajak untuk mengenal ciri-ciri pengguna narkoba (hal 66). Sehingga, kita bisa mengetahui ciri-ciri dan cara upaya untuk menghindari pemakai narkoba.
            Dari total 90 halaman, Drs. Sunarno mampu menciptakan buku tersebut dengan isi yang mudah dipahami, karena buku ini dilengkapi dengan gambar-gambar yang bisa membuat pembaca mengerti dengan lebih.
            Selain itu, buku ini juga wajib dibaca oleh para orang tua dan juga kalangan remaja. Karena kita tahu, bahwa akhir-akhir ini, kasus narkoba sudah menjajah moral para remaja di Indonesia, khususnya yang tinggal di daerah perkotaan. Sehingga, dengan membaca buku ini, para orang tua akan mampu mendidik dan mengajarkan anak-anaknya agar tidak terjerumus dalam bahaya narkoba.
            Jika kita membaca buku ini dengan cermat, maka akan terdapat beberapa kekurangan-kekurangan yang terdapat dalam kalimat-kalimatnya, seperti penggunaan kalimat yang kurang efektif, tanda baca yang kurang tepat (hal 2, hal 3, hal 4). Sehingga, kita perlu untuk membacanya dengan lebih teliti lagi. Dengan demikian, pembaca mampu memahami isi buku tersebut dengan baik, walaupun ada beberapa kesalahan dalam penulisan.
            Dengan ditambahkannya kamus mini mengenai istilah-istilah narkoba (hal 86) semakin membuat pembaca lebih tahu dan mengerti secara meluas tentang bahasa-bahasa atau istilah-istilah yang sering digunakan dalam penggunaan narkoba.
            Secara keseluruhan, buku ini memang perlu dibaca, karena buku ini memberikan banyak manfaat mengenai bahaya narkoba, dan upaya pencegahannya bagi kehidupan sehari-hari. Pada akhirnya, setelah kita membaca buku karangan Drs. Sunarno, diharapkan kita mampu berpikir lebih mendalam dan mampu berpikir positif untuk tidak terpengaruh oleh teman yang menyesatkan.

1 komentar: