Jumat, 28 September 2012

10 Fakta Menarik Tentang Dunia Blogger

10 Fakta Menarik Tentang Dunia Blogger



Dalam artikel ini saya akan berbicara tentang 10 fakta tentang blog. Banyak orang berfikir kita bisa dengan mudah mendapatkan uang dengan blog kita. Itu tidak benar! Yang benar adalah banyak orang yang mulai membuat blog kemudian berhenti setelah 3 bulan. Yang benar adalah bahwa dari semua blogger yang ada di dunia, hanya sebagian kecil yang mamapu menghasilkan uang dari blognya.

Jadi, sebelum membuat sebuah blog, apalagi punya keinginan untuk menjadikan blog yang bisa menghasilkan uang dengan baik dalam waktu 1 bulan, sebaiknya kita perlu mempelajari lebih jauh lagi tentang dunia blogging.

1. Perlu kerja keras
Jika kita mau membuat blog, maka kita harus mau bekerja keras. Karena melakukan aktifitas blogging berarti mempunyai banyak pekerjaan: mulai dari membuat blog kemudian mempertahankannya dengan mendesain, mengisikan plugin, mengupdate softwere ataupun tulisan-tulisan yang kita sajikan dalam blog kita. Dan jangan lupa, kita juga harus mempromosikan blog kita, mengelola iklan dan penjualan yang kita miliki.

2. Ngeblog butuh biaya
Kita mungkin pernah mendengar blog gratisan. Iya, fakta itu memang benar adanya. Tapi dengan menggunakan blog gratisan seperti BWordPress.com, Blogger.com atau blog gratisan lainnya bukan berarti kita tidak mengeluarkan biaya sama sekali. Kita pasti mengeluarkan biaya untuk itu semua, minimal biaya internet yang kita gunakan. Belum lagi harus mengelola blog kita agar makin nyaman bagi pengunjung, mengupdate dll. Semua mengeluarkan biaya. Itu baru yang gratisan, belum lagi kalau kita menggunakan domain dan hosting sendiri, tentu akan lebih banyak lagi biaya yang harus kita keluarkan.

3. Bukan cara mudah untuk menghasilkan uang
Banyak pemula berpikir blogging adalah cara cepat untuk menghasilkan uang. Ini benar-benar tidak benar. Dibutuhkan banyak kerja keras dan waktu sebelum kita dapat mengumpulkan receh di internet menjadi berjuta-juta.

4. Memakan banyak waktu
Jika tujuan kita membuat blog adalah untuk mendapatkan penghasilan, maka sejak awal tanamkan sikap sabar dan tekun pada diri kita. Karena untuk menjadikan blog kita sebagai mesin penghasil uang bukanlah pekerjaan yang mudah. Hal itu tidak dapat dilakukan dalam beberapa hari, tetapi ini akan memakan waktu berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun.

5. Blogger harus berpengetahuan luas
Menjalankan sebuah blog sangat fleksibel, karena kita harus tahu sedikit dari segala sesuatu. Bukan karena kita ingin dilihat sebagai sosok yang pintar, melainkan karena jika kita tau tentang segala hal, kita bisa memancing banyak hal yang bisa membuat orang untuk tersangkut di halaman blog kita. Hal itu tentu sangat berpengaruh pada SEO dan kunci-kunci promosi blog kita.

6. Harus efisien waktu
Bila kita seorang blogger pemula, penting bagi kita untuk merencanakan dan mencadangkan beberapa waktu yang kita miliki untuk blogging. Tanyakan kepada diri sendiri, “kapan saya harus ngebblog?”. Di pagi hari? Setelah bekerja? Sebelum tidur? Satu jam seminggu tidak cukup, sehingga kita harus belajar untuk menggunakan waktu kita sangat efisien.

7. Harus mengatakan “tidak”
Ketika kita merencanakan untuk bekerja di blog kita, dan seorang teman mengajak kita untuk pergi jalan-jalan, kadang-kadang kita harus mengatakan tidak.

8. Tahu apa yang ditulis
Ini penting untuk mengetahui apa yang kita tulis. Itu membuat kita mudah menulis artikel yang bagus dan bisa menarik pengunjung. Jika pengunjung menemukan bahwa kita sedang menulis tentang sesuatu yang kita sendiri tidak tahu, mereka akan segera keluar dari blog kita dan tidak akan kembali pernah kembali lagi.

9. Harus belajar
Perlu diingat, ketika memulai sebuah blog, ada banyak harus dipelajari. Kita tidak dapat mengetahui segala sesuatu tentang blogging dari awal, semua perlu belajar. Beberapa blogger yang sukses menuliskan pengalaman mereka di halaman blognya. Jika kita termasuk seorang blogger pemula, maka kita perlu belajar dari mereka yang telah sukses.

10. Harus hobi
Kita memiliki kesempatan berhasil lebih besar ketika kita melakukan aktifitas blogging karena hobi, bakat adalah nomor ke-sekian. Jika hobi sudah ada, kita akan bersemangat untuk merawat blog yang kita miliki. Kita juga akan bersemangat untuk menambah pengetahuan kita tentang dunia blogger. Dan itu sangat berguna sekali!

Jadi kesimpulannya adalah kita pelu melakukan beberapa usaha untuk menjadi seorang blogger sukses. Dan bahkan jika kita memiliki semua persyaratan blogger sukses, pun tidak menjamin. Tapi yang perlu diingat adalah bahwa semua blogger sukses juga pernah menjadi blogger pemula.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar