Senin, 24 September 2012


PROGRAM TAHUNAN

Nama Sekolah    : Sumbergondo 1        Kelas                :  II
Mata Pelajaran   : Matematika             Tahun Pelajaran :  2011 – 2012

No
Alokasi Waktu
Materi pokok/Submateri Pokok
1
...  x 1 Jam Pelajaran
Aspek : Bilangan
Materi Pokok 1 : Bilangan Cacah (Bilangan cacah sampai dengan 500
A.   Membilang Bilangan
B.   Membandingkan Kumpulan Benda  dan Bilangan
C.   Mengurutkan Bilangan
2
...  x 1 Jam Pelajaran
Aspek : Bilangan
Materi Pokok 2 : Penjumlahan dan Pengurangan
A.   Nilai Tempat
B.   Penjumlahan
C.   Pengurangan
D.  Penjumlahan dan Pengurangan
3
...  x 1 Jam Pelajaran
Aspek : Geometri dan Pengukuran
Materi Pokok 3 : Waktu
A.   Membaca dan Menentukan Jam
B.   Menuliskan Tanda Waktu Yang Ditujukan Jarum Jam
C.   Menyatakan Lama Waktu Kegiatan dalam satuan jam
4
...  x 1 Jam Pelajaran
Aspek : Geometri dan Pengukuran
Materi Pokok 4 : Panjang
A.   Membandingkan panjang benda
B.   Mengukur panjang benda dengan satuan tak baku
C.   Mengukur panjang benda dengan satuan baku
D.  Menaksir panjang benda menggunakan satuan yang sesuai
E.   Memilih alat ukur panjang yang sesuai
5
...  x 1 Jam Pelajaran
Aspek : Geometri dan Pengukuran
Materi Pokok 5 : Berat
A.   Membandingkan berat benda
B.   Mengukur berat benda
C.   Menaksir berat benda
D.  Memilih alat ukur berat yag sesuai


6
...  x 1 Jam Pelajaran
Aspek : Bilangan
Materi Pokok 6 : Perkalian
A.   Perkalian sebagai penjumlahan berulang
B.   Sifat-sifat perkalian
C.   Mengalikan tiga bilangan satu angka
D.  Mengalikan bilangan satu angka dengan bilangan dua angka yang hasilnya dua angka
E.   Menyelesaikan soal cerita yang mengandung perkalian
7
...  x 1 Jam Pelajaran
Materi Pokok 7 : Pembagian
A.   Pembagian sebagai pengurangan berulang
B.   Sifat pembagian
C.   Membagi bilangan dengan bilangan lain
D.  Pembagian sebagai lawan dari perkalian
E.   Pembagian 3 bilangan berurutan
F.   Menentukan pasangan bilangan yang hasil baginya diketahui
G.  Perkalian dan Pembagian
8
...  x 1 Jam Pelajaran
Materi Pokok 8 : Bangun Datar
A.   Mengelompokkan bangun datar
B.   Mengurutkan bangun datar
C.   Menentukan pola dari serangkaian bangun datar
D.  Menentukan unsur-unsur pada bangun datar
E.   Menggambar dan membuat bangun datar dengan ukuran tertentu
F.   Mengenal sudut-sudut bangun datar

                     Mengetahui,                           ……………………………,…………………….
                   Kepala Sekolah                                   Guru Kelas / Mapel




               KOMSIYATIN,S.Pd                                    SRI DHEWI
       NIP. 19590617 198010 2 005               NIP. 19520826 198201 2 002

SILABUS

Mata Pelajaran    :  MATEMATIKA                                                                                           Semester                        :  Ganjil
Kelas                 :  II                                                                                                          Tahun Pelajaran           :  …………………….

Standar Kompetensi : 1. Melakukan Penjumlahan dan Pengurangaan bilangan sampai 500

No
Kompetensi Dasar
Materi Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Penilaian
Teknik
Bentuk Instrumen
1.1

1.2
Membandingkan bilangan sampai 500
Mengurutkan bilangan sampai 500
Bilangan Cacah :
-       Membilang bilangan
-       Membandingkan kumpulan benda dan bilangan
-       Memotivasi siswa untuk memahami tentang bilangan cacah sampai dengan 500
-       Menjelaskan mengenai materi pokok  “Bilangan cacah” yang berisi tentang membilang bilangan, membandingkan kumpulan  benda dan bilangan , dan mengurutkan bilangan
-       Membuat rangkuman/catatan untuk siswa
-       Pemberian tugas dan latihan
-       Membilang secara urut
-       Menyebutkan banyak benda
-       Membilang loncat
-       Membaca dan menulis lambang bilangan dalam kata-kata dan angka
-       Membandingkan kumpulan benda
-       Membandingkan bilangan
-       Menyusun bilangan
-       Membedakan bilangan ganjil dan bilangan genap
...  x 1 Jam Pelajaran
-       Buku Matematika kelas 2A
-       Referensi lain yang  relevan
-       Uji tertulis
-       Uji praktik/portofolio
-       Isian
-       Uraian
-       Jawab singkat
1.3


1.4


Menentukan nilai tempat ratusan, puluhan dan satuan
Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai  500
Penjumlahan dan pengurangan Bilangan :
-       Nilai tempat
-       Penjumlahan
-       Pengurangan
-       Penjumlahan dan Pengurangan
-       Memotivasi siswa untuk memahami tentang “penjumlahan dan pengurangan”
-       Menjelaskan materi  pokok “Penjumlahan dan Pengurangan”yang bersi tentang nilai tempat, penjumlahan dan pengurangan
-       Membuat rangkuman atau catatan untuk siswa
-       Pemberian tugas dan latihan
-       Mengenal nilai tempat bilangan
-       Menulisakan bilangan dalam bentuk panjang
-       Membaca simbol + dan =
-       Mengingat penjumlahan sampai 20
-       Mengingat penjumlahan bilangan cacah
-       Membaca simbol – dan =
-       Mengingat pengurangan sampai 20
-       Mengubah bentuk pengurangan ke bentuk penjumlahan
-       Menyelesaikan pengurangan bilangan cacah
-       Penjumlahan dan pengurangan dengan semua suku bilangan dua angka
...  x 1 Jam Pelajaran
-       Buku Matematika kelas 2A
-       Referensi lain yang  relevan

-       Uji tertulis
-       Uji praktik/portofolio
-       Isian
-       Uraian
-       Jawab singkat







Standar Kompetensi : 2. Menggunakan pengukuran waktu, panjang, dan berat dalam pemecahan masalah.

No
Kompetensi Dasar
Materi Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Penilaian
Teknik
Bentuk Instrumen
2.1
Menggunakan alat ukur waktu dengan satuan jam
Satuan waktu :
-       Membaca dan menentukan jam
-       Menulisakan tanda waktu yang ditunjukkan jarum jam
-       Menyatakan lama waktu kegiatan dalam satuan jam
-    Memotivasi untuk memahami tentang “waktu”
-    Menjelaskan materi pokok “waktu” yang berisi tentang membaca dan menentukan jam, menuliskan tanda waktu yang ditunjukan jarum jam lama waktu kegiatan dalam satuan jam
-    Membuat rangkuman catatan untuk siswa
-    Pemberian tugas dan latihan
-       Membaca jam
-       Menentukan jam
-       Menulis tanda waktu yang ditunjukan jarum jam
-       Menyatakan lama waktu kegiatan dalam satuan jam
...  x 1 Jam Pelajaran
-       Buku Matematika kelas 2A
-       Referensi lain yang  relevan
-       Uji tertulis
-       Uji praktik/portofolio
-       Isian
-       Uraian
-       Jawab singkat
2.2
Menggunakan alat ukur panjang tidak baku dan baku (cm, m) yang sering digunakan
Satuan panjang :
-       Membandingkan panjang benda
-       Mengukur panjang benda dengan satuan tak baku
-       Mengukur panjang benda  dengan satuan baku
-       Menaksir panjang benda menggunakan stuan yang sesuai
-       Memilih alat ukur panjang yang sesuai
-     Memotivasi siswa untuk memahami tentang alat ukur “panjang”
-     Menjelaskan mengenai materi pokok “panjang” yang berisi tentang membandingkan panjang benda, mengukur panjang benda dengan satuan  yang sesuai, dan memilih alat ukur panjang yang sesuai
-     Membuat rangkuman/catatan untuuk siswa
-     Pemberian tugas dan latihan
-       Menentukan benda yang lebih panjang, lebih pendek, atau sama panjang dengan benda yang lain
-       Mengukur panjnag benda dengan satuan tak baku
-       Mengukur benda dengan satuan baku yang sering digunakan (mimsal : cm, m)
-       Menaksir panjang benda dengan satuan yang sesuai
...  x 1 Jam Pelajaran
-       Buku Matematika kelas 2A
-       Referensi lain yang  relevan

-       Uji tertulis
-       Uji praktik/portofolio
-       Isian
-       Uraian
-       Jawab singkat
2.3

2.4
Menggunakan alat ukur berat
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan berat benda
Satuan Berat :
-       Membandingkan berat benda
-       Mengukur berat benda
-       Menaksir berat benda
-       Memilih alat ukur berat yang sesuai
-   Memotivasi siswa untuk emahami tentang pengukuran “berat”
-   Menjelaskan mengenai materi pokok “berat” yang berisi tentang membandingkan  berat benda, mengukur berat benda, menaksir berat bbenda, dan memilih alat ukur berat yang sesuai
-   Membuat rangkuman atau catatan untuk siswa
-    Pemberian tugas dan latihan
-       Menentukan benda yang lebih berat, lebih ringan, atau sama berat dengan benda yang lain
-       Mengukur berat benda
-       Mengukur berat benda dengan satuan baku yang sering digunakan (misal : ons, kg)
-       Menaksir berat benda dengan satuan yang sesuai
-       Memilih alat ukur yang sesuai untuk mengukur panjang da berat  benda yang diukur
...  x 1 Jam Pelajaran
-       Buku Matematika kelas 2A
-       Referensi lain yang  relevan

-       Uji tertulis
-       Uji praktik/portofolio
-       Isian
-       Uraian
-       Jawab singkat

Mengetahui,                                                                                                                                                      ............................, .............
Kepala Sekolah                                                                                                                                                     Guru Kelas/Mapel
....................................................                                                                                                                                                     ................................................
NIP.                                                                                                                                                NIP.


PROGRAM TAHUNAN

Nama Sekolah  :   Sumbergondo 1         Kelas                :  II     
Mata Pelajaran :   Bahasa Indonesia       Tahun Pelajaran :  2011-2012

No
Alokasi Waktu
Materi pokok/Submateri Pokok
1
...  x 1 Jam Pelajaran
DIRI SENDIRI
A.   Mendengarkan
Mendengarkan pembacaan teks pendek
B.   Berbicara
Bertanya kepada orang lain
C.   Membaca
Membaca lancar teks pendek
D.  Menulis
Melengkapi cerita sederhana
2
...  x 1 Jam Pelajaran
KEGIATAN SEHARI-HARI
A.   Mendengarkan
Mendengarkan pembacaan puisi anak
B.   Berbicara
Meneritakan kegiatan sehari hari
C.   Membaca
Membaca puisi anak
D.  Menulis
Menulis kalimat sederhana yang didektekan guru
3
...  x 1 Jam Pelajaran
PERISTIWA
A.   Mendengarkan
Mendengarkan pembacaan teks pendek
B.   Berbicara
Mendeklamasikan puisi dengan ekspresi yang tepat
C.   Membaca
Membaca lancar teks pendek
D.  Menulis
Melengkapi cerita sederhana
4
...  x 1 Jam Pelajaran
HIBURAN DAN PERMAINAN
A.   Mendengarkan
Mendengarkan pembacaan puisi anak
B.   Berbicara
Bertanya kepada orang lain
C.   Membaca
Membaca lancar teks pendek
D.  Menulis
Melengkapi kalimat sederhana yang didektekan
5
...  x 1 Jam Pelajaran
KESEHATA DAN LINGKUNGAN
A.   Mendengarkan
Mendengarkan pembacaan teks pendek
B.   Berbicara
Meneritakan kegiatan sehari hari
C.   Membaca
Membaca puisi anak
D.  Menulis
Melengkapi cerita sederhana
6
...  x 1 Jam Pelajaran
TEMPAT UMUM
A.   Mendengarkan
Mendengarkan pembacaan puisi anak
B.   Berbicara
Mendeskrepsikan puisi dengan ekspresi yang tepat
C.   Membaca
Membaca lancar teks pendek
D.  Menulis
Melengkapi cerita sederhana yang didektekan guru dengan huruf tegak bersambung

7
...  x 1 Jam Pelajaran
KEGEMARAN
A.   Mendengarkan
Mendengarkan pembacaan teks pendek
B.   Berbicara
Bertanya kepada orang lain
C.   Membaca
Membaca puisi anak
D.  Menulis
Melengkapi cerita sederhana
8
...  x 1 Jam Pelajaran
KESEHATAN
A.   Mendengarkan
Mendengarkan pembacaan teks pendek
B.   Berbicara
Mendeklamasikan puisi
C.   Membaca
Membaca untuk kesenangan
D.  Menulis
Menulis pengalaman pribadi
9
...  x 1 Jam Pelajaran
BUDI PEKERTI
A.   Mendengarkan
Mendengarkan pesan pendek
B.   Berbicara
Melaporkan peristiwa yang dialami
C.   Membaca
Membaca bersuara teks pendek
D.  Menulis
Menulis kalimat yang didektekan guru
10
...  x 1 Jam Pelajaran
PERISTIWA
A.   Mendengarkan
Mendengarkan pembacaan pendek
B.   Berbicara
Melakukan percakapan pendek
C.   Membaca
Membaca bersuara teks pendek
D.  Menulis
Menulis karangan pendek    
11
...  x 1 Jam Pelajaran
DIRI SENDIRI
A.   Mendengarkan
Mendengarkan pembacaan teks pendek
B.   Berbicara
Menceritakan kegiatan sehari-hari
C.   Membaca
Membaca puisi
D.  Menulis
Menulis  cerita sederhana tentang kesukaan dan ketidak sukaan


12
...  x 1 Jam Pelajaran
LINGKUNGAN
A.   Mendengarkan
Mendengarkan pesan pendek
B.   Berbicara
Melakukan percakapan pendek
C.   Membaca
Membaca bersuara teks pendek
D.  Menulis
Menulis  pengalaman sendiri
13
...  x 1 Jam Pelajaran
HIBURAN
A.   Mendengarkan
Mendengarkan dongeng
B.   Berbicara
Bermain peran yang berkaitan dengan kegiatann sehari-hari
C.   Membaca
Membaca untuk kesenangan
D.  Menulis
Menulis kalimat yang didektekan guru
14
...  x 1 Jam Pelajaran
KEPERLUAN
A.   Mendengarkan
Mendengarkan dongeng
B.   Berbicara
Menceritakan pengalaman pribadi
C.   Membaca
Membaca bersuara teks pendek
D.  Menulis
Menulis  cerita sederhana tentang kesukaan dan ketidak sukaan
15
...  x 1 Jam Pelajaran
BINATANG
A.   Mendengarkan
Mendengarkan pembacaan teks pendek
B.   Berbicara
Mendeskrepsikan tumbuhan dan binatang di sekitar
C.   Membaca
Membaca bersuara teks pendek
D.  Menulis
Menulis pengalaman sendiri  dengan huruf sambung



                    Mengetahui,                     ……………………………,…………………….
               Kepala Sekolah                           Guru Kelas / Mapel





            KOMSIYATIN,S.Pd                            SRI DHEWI
      NIP. 19590617 198010 2 005           NIP. 19520826 198201 2 002

SILABUS

Mata Pelajaran    :  BAHASA  INDONESIA                                                                                Semester                        :  Ganjil
Kelas                 :  II                                                                                                          Tahun Pelajaran           :  …………………….

Standar kompetensi : A. Mendengarkan
    memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan.

No
Kompetensi Dasar
Materi Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Penilaian
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
1
Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek
·         Teks cerita (8-12 Kalimat)
-       Siswa menjawab pertanyaan sesuai isi cerita yang dibacakan oleh guru.
-       Siswa menceritakan kembali sebuah cerita menggunakan kata-kata sendiri di hadapan guru
-       Memahami isi teks pendek.
-       Menceritakan kembali cerita dengan menggunakan kata-katanya  sendiri isi teks pendek.
...  x 1 Jam Pelajaran
-       Standar isi 2006, teks cerita, kata tanya (apa, di mana, siapa), teks pendek, cerita rumpang, buku paket bahasa Indonesia kelas 2, PUEYD, TBBBI, KBBI, dan referensi lain yang relevan
-       Uji tertulis
-       Portofolio
-       Bacaan
-       Pilihan Ganda
-       Isian




Standar Kompetensi : B. Berbicara
Menggungkapkan pikiran, perasaan, dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan bertanya, bercerita, dan deklamasi.


No
Kompetensi Dasar
Materi Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Penilaian
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
2
Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa
·         Kata tanya : apa, di mana, siapa
-       Siswa menanyakan sesuatu menggunakan kalimat tanya dengan pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa kepada guru.
-       Menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa kepada orang lain
-       Menceritakan  pengalaman secara lisan melalui kegiatan bertanya
...  x 1 Jam Pelajaran
-       Standar isi 2006, teks cerita, kata tanya (apa, di mana, siapa), teks pendek, cerita rumpang, buku paket bahasa Indonesia kelas 2, PUEYD, TBBBI, KBBI, dan referensi lain yang relevan
-       Uji tertulis
-       Portofolio
-       Bacaan
-       Pilihan Ganda
-       Isian









Standar Kompetensi : C. Membaca
                             Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte.

No
Kompetensi Dasar
Materi Pokok/ Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Penilaian
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
3
Menyimpulkan isi teks pendek (10-15 kalimat) yang dibaca dengan membaca lancar.
·         Teks pendek (10-15 kalimat)
-       Siswa membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat di hadapan guru.
-       Siswa membaca dengan memperhatikan di mana tempat jeda (untuk berhenti, menarik napas) jeda panjang atau pendek dengan bimbingan guru.
-       Siswa menjawab atau mengajukan pertanyaan dari isi teks yang dibaca.
-       Memahami teks pendek dengan membaca lancar.
-       Memahami bacaan dengan memperhatikan tempat jeda (untuk berhenti, menarik napas)
...  x 1 Jam Pelajaran
-       Standar isi 2006, teks cerita, kata tanya (apa, di mana, siapa), teks pendek, cerita rumpang, buku paket bahasa Indonesia kelas 2, PUEYD, TBBBI, KBBI, dan referensi lain yang relevan
-       Uji tertulis
-       Portofolio
-       Bacaan
-       Pilihan Ganda
-       Isian







Standar Kompetensi : D. Menulis
                                 Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte.

No
Kompetensi Dasar
Materi Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Penilaian
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
4
Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat
·         Cerita rumpang (belum selesai)
-       Siswa melengkapi cerita tentang data keluarga dengan kata yang tepat sesuai penjelasan guru.
-       Melengkapi cerita dengan kata yang tepat.
-       Memahami tulisan permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte.
...  x 1 Jam Pelajaran
-       Standar isi 2006, teks cerita, kata tanya (apa, di mana, siapa), teks pendek, cerita rumpang, buku paket bahasa Indonesia kelas 2, PUEYD, TBBBI, KBBI, dan referensi lain yang relevan
-       Uji tertulis
-       Portofolio
-       Bacaan
-       Pilihan Ganda
-       Isian

Mengetahui,                                                                                                                                                      ............................, .............
Kepala Sekolah                                                                                                                                                     Guru Kelas/Mapel



....................................................                                                                                                                                                     ................................................
NIP.                                                                                                                                                                                          NIP.


SILABUS

Mata Pelajaran    :  BAHASA INDONESIA                                                                                 Semester                        :  Ganjil
Kelas                 :  II                                                                                                          Tahun Pelajaran           :  …………………….
Standar Kompetensi : A. Mendengarkan
                                      Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan.

No
Kompetensi Dasar
Materi Pokok /Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Penilaian
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
1
Mendeskripsikan isi puisi
·         Puisi anak
-       Siswa mendeskripsikan isi puisi menggunakan kata-katanya sendiri dengan bimbingan guru.
-       Mendeskripsikan isi puisi dengan kata-katanya sendiri.
-       Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan.
...  x 1 Jam Pelajaran
-       Standar isi 2006, teks cerita, kata tanya (apa, di mana, siapa), teks pendek, cerita rumpang, buku paket bahasa Indonesia kelas 2, PUEYD, TBBBI, KBBI, dan referensi lain yang relevan
-       Uji tertulis
-       Portofolio
-       Bacaan
-       Pilihan Ganda
-       Isian





Standar Kompetensi : B. Berbicara
                             Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan bertanya, bercerita, dan deklamasi.

No
Kompetensi Dasar
Materi Pokok/ Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Penilaian
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
2
Menceritakan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang mudah dipahami orang lain.
·         Cerita tentang kegiatan sehari-hari di rumah dan di sekolah.
-       Siswa menceritakan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang runtut dan mudah dipahami orang lain dihadapan guru.
-       Siswa menanyakan atau menanggapi kegiatan sehari-hari teman sekelas dengan bimbingan guru.
-       Menceritakan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang runtut dan mudah dipahami.
-       Menanggapi cerita kegiatan sehari-hari yang telah disampaikan.
...  x 1 Jam Pelajaran
-       Standar isi 2006, teks cerita, kata tanya (apa, di mana, siapa), teks pendek, cerita rumpang, buku paket bahasa Indonesia kelas 2, PUEYD, TBBBI, KBBI, dan referensi lain yang relevan
-       Uji tertulis
-       Portofolio
-       Bacaan
-       Pilihan Ganda
-       Isian










Standar Kompetensi : C. Membaca
                             Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak.

No
Kompetensi Dasar
Materi Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Penilaian
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
3
Menjelaskan isi puisi anak yang dibaca
·         Puisi anak
-       Siswa Membacakan puisi anak dan mengekspresikannya dalam gerak dan mimik yang tepat.
-       Mendeskrepsikan isi puisi.
-       Membacakan puisi anak mengekspresikannya dalam gerak dan mimik yang tepat.
-       Mendeskrepsikan isi puisi.
...  x 1 Jam Pelajaran
-       Standar isi 2006, teks cerita, kata tanya (apa, di mana, siapa), teks pendek, cerita rumpang, buku paket bahasa Indonesia kelas 2, PUEYD, TBBBI, KBBI, dan referensi lain yang relevan
-       Uji tertulis
-       Portofolio
-       Bacaan
-       Pilihan Ganda
-       Isian










Standar Kompetensi : D. Menulis
                             Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte.

No
Kompetensi Dasar
Materi Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Penilaian
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
4
Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf tegak bersambung dan memperhatikan penggunaan huruf kapital dan tanda titik.
·         Kalimat sederhana
-       Siswa menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf sambung secara tepat, rapi, dan mudah dibaca.
-       Mendeskrepsikan cara menulis kalimat sederhana.
-       Menulis kalimat sederhana dengan huruf sambung secara tepat, rapi, dan mudah dibaca.
...  x 1 Jam Pelajaran
-       Standar isi 2006, teks cerita, kata tanya (apa, di mana, siapa), teks pendek, cerita rumpang, buku paket bahasa Indonesia kelas 2, PUEYD, TBBBI, KBBI, dan referensi lain yang relevan
-       Uji tertulis
-       Portofolio
-       Bacaan
-       Pilihan Ganda
-       Isian

                      Mengetahui,                                                                   ……………………………,…………………….
                    Kepala Sekolah                                                                                    Guru Kelas / Mapel

              ____________________                                                                       ____________________
             NIP. …………………………………                                                                  NIP. …………………………………

SILABUS

Mata Pelajaran    :  BAHASA INDONESIA                                                                                 Semester                        :  Ganjil
Kelas                 :  II                                                                                                          Tahun Pelajaran           :  …………………….
Standar Kompetensi : A. Mendengarkan
                             Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan.

No
Kompetensi Dasar
Materi Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Penilaian
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
1
Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek
·         Teks cerita (8-12 Kalimat)
-       Siswa menjawab pertanyaan sesuai isi cerita  yang dibacakan oleh guru.
-       Siswa menceritakan kembali sebuah cerita menggunakan kata-kata sendiri dihadapan guru.
-       Mendengarkan pembacaan teks pendek
-       Menceritakan kembali cerita dengan menggunakan kata-kata sendiri.
...  x 1 Jam Pelajaran
-       Standar isi 2006, teks cerita, kata tanya (apa, di mana, siapa), teks pendek, cerita rumpang, buku paket bahasa Indonesia kelas 2, PUEYD, TBBBI, KBBI, dan referensi lain yang relevan
-       Uji tertulis

-       Bacaan
-       Pilihan Ganda
-       Isian





Standar Kompetensi : B. Berbicara
                             Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan bertanya, bercerita, dan deklamasi.

No
Kompetensi Dasar
Materi Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Penilaian
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
2
Mendeklamasikan puisi dengan ekspresi yang tepat
·         Puisi anak
-       Siswa Mendeklamasikan puisi sesuai dengan isi dan mengekspresikannya dalam gerak dan mimik yang tepat di hadapan guru.
-       Siswa menjelaskan isi puisi dengan bimbingan guru.
-       Mendeklamasikan puisi sesuai dengan isi mengekspresikannya dalam gerak dan mimik yang tepat.
-       Mendeskrepsikan isi puisi
...  x 1 Jam Pelajaran
-       Standar isi 2006, teks cerita, kata tanya (apa, di mana, siapa), teks pendek, cerita rumpang, buku paket bahasa Indonesia kelas 2, PUEYD, TBBBI, KBBI, dan referensi lain yang relevan
-       Uji tertulis

-       Bacaan
-       Pilihan Ganda
-       Isian










Standar Kompetensi : C. Membaca
                                   Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak.


No
Kompetensi Dasar
Materi Pokok/ Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Penilaian
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
3
Menyimpulkan isi teks pendek (10-15 kalimat) yang dibaca dengan membaca lancar.
·         Teks pendek
-       Siswa membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat di hadapan guru.
-       Siswa membaca dengan memperhatikan di mana tempat jeda (untuk berhenti, menarik napas) jeda panjang atau pendek dengan bimbingan guru.
-       Siswa menjawab atau mengajukan pertanyaan dari isi teks yang dibaca.
-       Membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat.
-       Membaca dengan memperhatikan di mana tempat jeda (untuk berhenti,menarik napas).
-       Menyimpulkan isi teks pendek.
...  x 1 Jam Pelajaran
-       Standar isi 2006, teks cerita, kata tanya (apa, di mana, siapa), teks pendek, cerita rumpang, buku paket bahasa Indonesia kelas 2, PUEYD, TBBBI, KBBI, dan referensi lain yang relevan
-       Uji tertulis

-   Bacaan
-   Pilihan Ganda
-   Isian







Standar Kompetensi : D. Menulis
                             Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte.


No
Kompetensi Dasar
Materi Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Penilaian
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
4
Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat
·         Cerita rumpang (belum selesai)
-       Siswa melengkapi cerita tentang data keluarga dengan kata yang tepat sesuai penjelasan guru.
-       Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat.
-       Memahami tulisan permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita.
...  x 1 Jam Pelajaran
-       Standar isi 2006, teks cerita, kata tanya (apa, di mana, siapa), teks pendek, cerita rumpang, buku paket bahasa Indonesia kelas 2, PUEYD, TBBBI, KBBI, dan referensi lain yang relevan
-       Uji tertulis

-       Bacaan
-       Pilihan Ganda
-       Isian


                      Mengetahui,                                                                   ……………………………,…………………….
                    Kepala Sekolah                                                                                    Guru Kelas / Mapel


              ____________________                                                                       ____________________
             NIP. …………………………………                                                                  NIP. …………………………………

SILABUS
Mata Pelajaran    :  BAHASA INDONESIA                                                                                 Semester                        :  Ganjil
Kelas                 :  II                                                                                                          Tahun Pelajaran           :  …………………….
Standar Kompetensi : A. Mendengarkan
                             Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan.

No
Kompetensi Dasar
Materi Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Penilaian
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
1
Mendeskripsikan isi puisi
·         Puisi anak
-       Siswa mendeskripsikan isi puisi menggunakan kata-katanya sendiri dengan bimbingan guru.
-       Memahami puisi anak yang dilisankan.
-       Mendeskrepsikan isi puisi dengan kata-kata sendiri.
...  x 1 Jam Pelajaran
-       Standar isi 2006, teks cerita, kata tanya (apa, di mana, siapa), teks pendek, cerita rumpang, buku paket bahasa Indonesia kelas 2, PUEYD, TBBBI, KBBI, dan referensi lain yang relevan
-       Uji tertulis
-       Uji praktik
-       Bacaan
-       Pilihan Ganda
-       Isian







Standar Kompetensi : B. Berbicara
                             Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan bertanya, bercerita, dan deklamasi.


No
Kompetensi Dasar
Materi Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Penilaian
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
2
Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa.
·         Kata tanya : apa, di mana, siapa
-       Siswa menanyakan sesuatu menggunakan kalimat tanya dengan pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa kepada guru.
-       Mendeskripsikan kata tanya
-       Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat.
...  x 1 Jam Pelajaran
-       Standar isi 2006, teks cerita, kata tanya (apa, di mana, siapa), teks pendek, cerita rumpang, buku paket bahasa Indonesia kelas 2, PUEYD, TBBBI, KBBI, dan referensi lain yang relevan
-       Uji tertulis
-       Uji praktik
-       Bacaan
-       Pilihan Ganda
-       Isian









Standar Kompetensi : C. Membaca
                             Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak.


No
Kompetensi Dasar
Materi Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Penilaian
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
3
Menyimpulkan isi teks pendek (10-15 kalimat) yang dibaca dengan membaca lancar.
·         Teks pendek (10-15 kalimat)
-       Siswa membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat di hadapan guru.
-       Siswa membaca dengan memperhatikan di mana tempat jeda (untuk berhenti, menarik napas) jeda panjang atau pendek dengan bimbingan guru.
-       Siswa menjawab atau mengajukan pertanyaan dari isi teks yang dibaca.
-       Membaca lancar teks pendek.
-       Menyimpulkan isi teks pendek yang dibaca dengan membaca lancar.
...  x 1 Jam Pelajaran
-       Standar isi 2006, teks cerita, kata tanya (apa, di mana, siapa), teks pendek, cerita rumpang, buku paket bahasa Indonesia kelas 2, PUEYD, TBBBI, KBBI, dan referensi lain yang relevan
-       Uji tertulis
-       Uji praktik
-       Bacaan
-       Pilihan Ganda
-       Isian







Standar Kompetensi : D. Menulis
                                Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte.

No
Kompetensi Dasar
Materi Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Penilaian
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
4
Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf tegak bersambung dan memperhatikan penggunaan huruf kapital dan tanda titik.
·         Kalimat sederhana
-       Siswa menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf sambung secara tepat, rapi, dan mudah dibaca.
-       Menulis kalimat sederhana dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
-       Menulis kalimat sederhana yang didiktekan.
...  x 1 Jam Pelajaran
-       Standar isi 2006, teks cerita, kata tanya (apa, di mana, siapa), teks pendek, cerita rumpang, buku paket bahasa Indonesia kelas 2, PUEYD, TBBBI, KBBI, dan referensi lain yang relevan
-       Uji tertulis
-       Uji praktik
-       Bacaan
-       Pilihan Ganda
-       Isian


                      Mengetahui,                                                                   ……………………………,…………………….
                    Kepala Sekolah                                                                                    Guru Kelas / Mapel


              ____________________                                                                       ____________________
             NIP. …………………………………                                                                  NIP. …………………………………


SILABUS

Mata Pelajaran    :  BAHASA INDONESIA                                                                                 Semester                        :  Ganjil
Kelas                 :  II                                                                                                          Tahun Pelajaran           :  …………………….

Standar kompetensi : A. Mendengarkan
                             Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan .



No
Kompetensi Dasar
Materi Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Penilaian
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
1
Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek
·         Teks cerita (10-12 Kalimat)
-       Siswa menjawab pertanyaan sesuai isi cerita  yang dibacakan oleh guru.
-       Siswa menceritakan kembali cerita menggunakan kata-kata sendiri dengan bimbingan guru.
-       Mendengarkan pembacaan teks pendek.
-       Menceritakan kembali cerita dengan menggunakan kata-kata sendiri.
...  x 1 Jam Pelajaran
-       Standar isi 2006, teks cerita, kata tanya (apa, di mana, siapa), teks pendek, cerita rumpang, buku paket bahasa Indonesia kelas 2, PUEYD, TBBBI, KBBI, dan referensi lain yang relevan
-       Uji tertulis
-       Portofolio
-       Bacaan
-       Pilihan Ganda
-       Isian


Standar Kompetensi : B. Berbicara
                             Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan bertanya, bercerita, dan deklamasi.

No
Kompetensi Dasar
Materi Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Penilaian
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
2
Menceritakan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang mudah dipahami orang lain.
·         Cerita tentang kegiatan sehari-hari di rumah dan di sekolah.
-       Siswa menceritakan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang runtut dan mudah dipahami orang lain dihadapan guru.
-       Siswa menanyakan atau menanggapi kegiatan sehari-hari teman sekelas dengan bimbingan guru.
-       Menceritakan kegiatan sehari-hari.
-       Memahami cara yang baik dalam menceritakan kegiatan sehari-hari.
...  x 1 Jam Pelajaran
-       Standar isi 2006, teks cerita, kata tanya (apa, di mana, siapa), teks pendek, cerita rumpang, buku paket bahasa Indonesia kelas 2, PUEYD, TBBBI, KBBI, dan referensi lain yang relevan
-       Uji tertulis
-       Portofolio
-       Bacaan
-       Pilihan Ganda
-       Isian










Standar Kompetensi : C. Membaca
                             Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak.

No
Kompetensi Dasar
Materi Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Penilaian
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
3
Menjelaskan isi puisi anak yang dibaca
·         Puisi anak
-       Siswa Membacakan puisi anak dan mengekspresikannya dalam gerak dan mimik yang tepat dihadapan guru.
-       Siswa menjelaskan isi puisi.
-       Membacakan puisi anak.
-       Menjelaskan isi puisi anak.
...  x 1 Jam Pelajaran
-       Standar isi 2006, teks cerita, kata tanya (apa, di mana, siapa), teks pendek, cerita rumpang, buku paket bahasa Indonesia kelas 2, PUEYD, TBBBI, KBBI, dan referensi lain yang relevan
-       Uji tertulis
-       Portofolio
-       Bacaan
-       Pilihan Ganda
-       Isian










Standar Kompetensi : D. Menulis
                             Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte.


No
Kompetensi Dasar
Materi Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Penilaian
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
4
Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat
·         Cerita rumpang (belum selesai)
-       Siswa melengkapi cerita tentang data keluarga dengan kata yang tepat sesuai penjelasan guru.
-       Melengkapi cerita sederhana.
-       Mengetahui hal-hal yang dapat dilakukan untuk melengkapi cerita.
...  x 1 Jam Pelajaran
-       Standar isi 2006, teks cerita, kata tanya (apa, di mana, siapa), teks pendek, cerita rumpang, buku paket bahasa Indonesia kelas 2, PUEYD, TBBBI, KBBI, dan referensi lain yang relevan
-       Uji tertulis
-       Portofolio

-       Bacaan
-       Pilihan Ganda
-       Isian


                      Mengetahui,                                                                   ……………………………,…………………….
                    Kepala Sekolah                                                                                    Guru Kelas / Mapel


              ____________________                                                                       ____________________
             NIP. …………………………………                                                                  NIP. …………………………………

SILABUS
Mata Pelajaran    :  BAHASA INDONESIA                                                                                 Semester                        :  Ganjil
Kelas                 :  II                                                                                                          Tahun Pelajaran           :  …………………….
Standar Kompetensi : A. Mendengarkan
                                         Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan.

No
Kompetensi Dasar
Materi Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Penilaian
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
1
Mendeskripsikan isi puisi
·         Puisi
-       Siswa mendeskripsikan isi puisi menggunakan kata-katanya sendiri dengan bimbingan guru.
-       Mendengarkan pembacaan puisi anak.
-       Mendeskripsikan isi puisi dengan menggunakan kata-kata sendiri.
...  x 1 Jam Pelajaran
-       Standar isi 2006, teks cerita, kata tanya (apa, di mana, siapa), teks pendek, cerita rumpang, buku paket bahasa Indonesia kelas 2, PUEYD, TBBBI, KBBI, dan referensi lain yang relevan
-       Uji tertulis
-       Portofolio
-       Bacaan
-       Pilihan Ganda
-       Isian







Standar Kompetensi : B. Berbicara
                             Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan bertanya, bercerita, dan deklamasi.


No
Kompetensi Dasar
Materi Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Penilaian
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
2
Mendeklamasikan puisi dengan ekspresi yang tepat
·         Puisi anak
-       Siswa Mendeklamasikan puisi sesuai dengan isi dan mengekspresikan dalam gerak dan mimik yang tepat di hadapan guru.
-       Siswa menjelaskan isi puisi dengan bimbingan guru.
-       Mendeklamasikan puisi sesuai dengan isi
-        Mengekspresikan  puisi dalam gerak dan mimik yang tepat.
-       Mendeskripsikan isi puisi.
...  x 1 Jam Pelajaran
-       Standar isi 2006, teks cerita, kata tanya (apa, di mana, siapa), teks pendek, cerita rumpang, buku paket bahasa Indonesia kelas 2, PUEYD, TBBBI, KBBI, dan referensi lain yang relevan
-       Uji tertulis
-       Portofolio

-       Bacaan
-       Pilihan Ganda
-       Isian









Standar Kompetensi : C. Membaca
                             Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak.

No
Kompetensi Dasar
Materi Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Penilaian
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
3
Menyimpulkan isi teks pendek (10-15 kalimat) yang dibaca dengan membaca lancar.
·         Teks pendek (10-15 kalimat)
-       Siswa membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat.
-       Siswa membaca dengan memperhatikan di mana tempat jeda (untuk berhenti, menarik napas) jeda panjang atau pendek dengan bimbingan guru.
-       Siswa menjawab atau mengajukan pertanyaan dari isi teks yang dibaca.
-       Membaca lancar teks pendek.
-       Memahami teks pendek dengan membaca lancar.
-       Menyimpulkan isi teks pendek yang dibaca dengan membaca lancar.
...  x 1 Jam Pelajaran
-       Standar isi 2006, teks cerita, kata tanya (apa, di mana, siapa), teks pendek, cerita rumpang, buku paket bahasa Indonesia kelas 2, PUEYD, TBBBI, KBBI, dan referensi lain yang relevan
-       Uji tertulis
-       Portofolio
-       Bacaan
-       Pilihan Ganda
-       Isian








Standar Kompetensi : D. Menulis
                             Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte.

No
Kompetensi Dasar
Materi Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Penilaian
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
4
Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf tegak bersambung dan memperhatikan penggunaan huruf kapital dan tanda titik.
·         Kalimat sederhana
-       Siswa menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf sambung secara tepat, rapi, dan mudah dibaca.
-       Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung.
-       Memahami penggunaan huruf kapital dan tanda baca titik.
...  x 1 Jam Pelajaran
-       Standar isi 2006, teks cerita, kata tanya (apa, di mana, siapa), teks pendek, cerita rumpang, buku paket bahasa Indonesia kelas 2, PUEYD, TBBBI, KBBI, dan referensi lain yang relevan
-       Uji tertulis
-       Portofolio
-       Bacaan
-       Pilihan Ganda
-       Isian


                      Mengetahui,                                                                   ……………………………,…………………….
                    Kepala Sekolah                                                                                    Guru Kelas / Mapel


              ____________________                                                                       ____________________
             NIP. …………………………………                                                                  NIP. …………………………………


SILABUS
Mata Pelajaran    :  BAHASA INDONESIA                                                                                 Semester                        :  Ganjil
Kelas                 :  II                                                                                                          Tahun Pelajaran           :  …………………….

Standar kompetensi : A. Mendengarkan
                             Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan .

No
Kompetensi Dasar
Materi Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Penilaian
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
1
Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek
·         Teks cerita (8-12 Kalimat)
-       Siswa menjawab pertanyaan sesuai isi cerita  yang dibacakan oleh guru.
-       Siswa menceritakan kembali cerita menggunakan kata-kata sendiri dengan bimbingan guru.
-       Mendengarkan pembacaan teks pendek.
-       Memahami teks pendek yang dilisankan.
-       Menceritakan kembali cerita dengan menggunakan kata-kata sendiri.
...  x 1 Jam Pelajaran
-       Standar isi 2006, teks cerita, kata tanya (apa, di mana, siapa), teks pendek, cerita rumpang, buku paket bahasa Indonesia kelas 2, PUEYD, TBBBI, KBBI, dan referensi lain yang relevan
-       Uji tertulis
-       Uji Praktik
-       Bacaan
-       Pilihan Ganda
-       Teka-teki






Standar Kompetensi : B. Berbicara
                             Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan bertanya, bercerita, dan deklamasi.


No
Kompetensi Dasar
Materi Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Penilaian
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
2
Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa.
·         Kata tanya : apa, di mana, siapa
-       Siswa menggunakan kalimat tanya untuk menanyakan sesuatu kepada orang yang belum dikenal dengan pilihan kata yang tepat.
-       Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat.
-       Memahami tentang kata tanya.
...  x 1 Jam Pelajaran
-       Standar isi 2006, teks cerita, kata tanya (apa, di mana, siapa), teks pendek, cerita rumpang, buku paket bahasa Indonesia kelas 2, PUEYD, TBBBI, KBBI, dan referensi lain yang relevan
-       Uji tertulis
-       Uji praktik
-       Bacaan
-       Pilihan Ganda
-       Teka-teki









Standar Kompetensi : C. Membaca
                             Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak.

No
Kompetensi Dasar
Materi Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Penilaian
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
3
Menjelaskan isi puisi anak yang dibaca
·         Teks pendek (10-12 kalimat)
-       Siswa Membacakan puisi anak dan mengekspresikannya dalam gerak dan mimik yang tepat dihadapan guru.

-       Membacakan puisi anak sesuai dengan intonasi yang tepat.
-       Mengekspresikan puisi dalam gerak dan mimik yang tepat.
-       Mendeskripsikan isi puisi.
...  x 1 Jam Pelajaran
-       Standar isi 2006, teks cerita, kata tanya (apa, di mana, siapa), teks pendek, cerita rumpang, buku paket bahasa Indonesia kelas 2, PUEYD, TBBBI, KBBI, dan referensi lain yang relevan
-       Uji tertulis
-       Uji praktik
-       Bacaan
-       Pilihan Ganda
-       Isian










Standar Kompetensi : D. Menulis
                             Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte.

No
Kompetensi Dasar
Materi Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Penilaian
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
4
Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat
·         Cerita rumpang (belum selesai)
-       Siswa melengkapi cerita tentang data keluarga dengan kata yang tepat sesuai penjelasan guru.
-       Melengkapi cerita sederhana.
-       Memahami cerita sederhana yang telah dilengkapi kata yang tepat.
...  x 1 Jam Pelajaran
-       Standar isi 2006, teks cerita, kata tanya (apa, di mana, siapa), teks pendek, cerita rumpang, buku paket bahasa Indonesia kelas 2, PUEYD, TBBBI, KBBI, dan referensi lain yang relevan
-       Uji tertulis
-       Portofolio

-       Bacaan
-       Pilihan Ganda
-       Isian


                      Mengetahui,                                                                   ……………………………,…………………….
                    Kepala Sekolah                                                                                    Guru Kelas / Mapel


              ____________________                                                                       ____________________
             NIP. …………………………………                                                                  NIP. …………………………………



PROGRAM TAHUNAN (PROTA)

Nama Sekolah   :   Sumbergondo 1     Kelas                :  II     
Mata Pelajaran  :   IPA                      Tahun Pelajaran :  2011-2012

No
Alokasi Waktu
Materi pokok/Pembelajaran
1
...  x 1 Jam Pelajaran
Bagian-bagian Tubuh Hewan dan Tumbuhan
·         Bagian-bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan
2
...  x 1 Jam Pelajaran
Pertumbuhan pada hewan dan tumbuhan
·         Pertumbuhan hewan dan tumbuhan
3
...  x 1 Jam Pelajaran
Tempat hidup makhluk hidup
·         Tempat hidup makhluk hidup
·         Makhluk hidup yang menguntungkan dan merugikan manusia
4
...  x 1 Jam Pelajaran
Bentuk dan wujud benda serta kegunaannya
·         Ciri-ciri benda padat dan benda cair
·         Perubahan bentuk dan wujud benda
·         Benda dan kegunaannya
5
...  x 1 Jam Pelajaran
Sumber energi dan kegunaannya
·         Alat-alat rumah tangga yang menghasilkan panas, bunyi, dan cahaya
·         Sumber energi yang menghasilkan panas, bunyi, dan cahaya
·         Alat-alat rumah tangga yang menggunakan energi listrik
·         Energi yang sering digunakan dalam kehidupan
6
...  x 1 Jam Pelajaran
Pengaruh sinar matahari terhadap kondisi alam dan kehidupan di bumi
·         Kenampakan matahari
·         Kegunaan panas dan cahaya matahari


                        Mengetahui,                        ……………………………,…………………….
                   Kepala Sekolah                                   Guru Kelas / Mapel





               KOMSIYATIN,S.Pd                                    SRI DHEWI
       NIP. 19590617 198010 2 005               NIP. 19520826 198201 2 002


SILABUS
Mata Pelajaran    :  IPA                                                                                                        Semester                        :  Ganjil
Kelas                 :  II                                                                                                          Tahun Pelajaran           :  …………………….


Standar Kompetensi : 1. Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup

No
Kompetensi Dasar
Materi Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Penilaian
Teknik
Bentuk Instrumen
1.1
Mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan di sekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan
Bagian-bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan
-       Siswa mengidentifikasi bagian-bagian utama tubuh hewan dan kegunaannya dari pengamatan gambar dan hewan di lingkungan sekitar.
-       Siswa mengidentifikasi bagian utama tubuh tumbuhan di sekitarnya.
-       Membuat daftar bagian-bagian utama tubuh hewan (kucing, burung, ikan) dan kegunaannya dari hasil pengamatan.
-       Menggambar secara sederhana dan mewarnai bagian-bagian utama tubuh hewan.
-       Menirukan berbagai suara hewan yang ada di lingkungan sekitar.
-       Menceritakan cara hewan bergerak berdasarkan pengamatan, misalnya : menggunakan kaki, perut, sayap, dan sirip.
-       Membuat daftar bagian utama tumbuhan (akar, batang, daun, bunga dan biji/buah) berdasarkan hasil pengamatan.
-       Menggambarkan bagian utama tumbuhan secara sederhana.
...  x 1 Jam Pelajaran
-       Buku paket IPA kelas 2
-       Buku Referensi lain yang  relevan
-       Tagihan tes tertulis
-       Tagihan tes praktik
-       Pilihan ganda
-       Isian
-       Uraian

1.2
Mengidentifikasi perubahan yang terjadi pada pertumbuhan hewan (dalam ukuran) dan tumbuhan (dari biji menjadi tanaman).
Pertumbuhan hewan dan tumbuhan.
-       Siswa mendeskripsikan pertumbuhan pada hewan dari pengamatan.
-       Siswa mendeskripsikan pertumbuhan biji menjadi tanaman melalui praktikum.
-       Menceritakan perubahan-perubahan yang dialami hewan dalam ukuran pada saat tumbuh berdasarkan hasil pengamatan.
-       Membuat gambar pertumbuhan hewan misalnya anak ayam menjadi ayam dewasa.
-       Menanam biji dan mengamati pertumbuhannya.
-       Menceritakan perubahan yang terjadi pada biji  yang ditanam.
...  x 1 Jam Pelajaran
-       Buku paket IPA kelas 2
-       Buku Referensi lain yang  relevan
-       Tagihan tes tertulis
-       Tagihan tes praktik
-       Pilihan ganda
-       Isian
-       Uraian

1.3
Mengidentifikasi berbagai tempat hidup makhluk hidup (air, tanah, dan tempat lainnya).
Tempat hidup makhluk hidup.
-       Siswa mengidentifikasi tempat hidup berbagai hewan dan tumbuhan.
-       Menunjukkan tempat hidup makhluk hidup tertentu.
-       Memberi contoh hewan dan tumbuhan yang hidup di darat dan di air.
-       Memberi contoh tumbuhan yang hidup di tumbuhan lain melalui pengamatan.
...  x 1 Jam Pelajaran
-       Buku paket IPA kelas 2
-       Buku Referensi lain yang  relevan
-       Tagihan tes tertulis
-       Tagihan tes praktik
-       Pilihan ganda
-       Isian
-       Uraian

1.4
Mengidentifikasi makhluk hidup yang menguntungkan dan membahayakan
Makhluk hidup yang menguntungkan  dan merugikan manusia
-       Siswa menjelaskan keterkaitan hewan dan tumbuhan dengan kehidupan manusia.
-       Memberi contoh berbagai hewan yang menguntungkan dan merugikan manusia.
-       Memberi contoh berbagai tumbuhan di sekitar yang berguna bagi manusia.
...  x 1 Jam Pelajaran
-       Buku paket IPA kelas 2
-       Buku Referensi lain yang  relevan
-       Tagihan tes tertulis
-       Tagihan tes praktik
-       Pilihan ganda
-       Isian
-       Uraian














Standar Kompetensi : 2. Mengenal berbagai bentuk benda dan kegunaannya serta perubahan wujud yang dapat dialaminya.

No
Kompetensi Dasar
Materi Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Penilaian
Teknik
Bentuk Instrumen
2.1
Mengidentifikasi ciri-ciri benda padat dan cair yang ada di lingkungan sekitar.
Ciri benda padat dan benda cair
-       Siswa mengidentifikasi ciri benda padat dan cair di sekitarnya melalui pengamatan.
-       Menunjukkan beragam jenis benda padat benda cair yang ada di sekitarnya.
-       Membedakan ciri benda padat dan benda cair.
...  x 1 Jam Pelajaran
-       Buku paket IPA kelas 2
-       Buku Referensi lain yang  relevan
-       Tagihan tes tertulis
-       Tagihan tes praktik
-       Pilihan ganda
-       Isian
-       Uraian

2.2
Menunjukkan perubahan bentuk dan wujud benda (plastisin/tanah liat/adonan tepung) akibat dari kondisi tertentu.
Perubahan bentuk dan wujud benda
-       Siswa menunjukkan perubahan bentuk dan wujud benda akibat dari kondisi tertentu melalui pengamatan dan praktikum.
-       Mengidentifikasi beda-benda di sekitar yang dapat berubah bentuk seperti plastisin/tanah liat ketika dibentuk.
-       Mencari contoh benda padat yang dapat berubah wujud menjadi benda cair dan sebaliknya yaitu benda cair menjadi padat.
...  x 1 Jam Pelajaran
-       Buku paket IPA kelas 2
-       Buku Referensi lain yang  relevan
-       Tagihan tes tertulis
-       Tagihan tes praktik
-       Pilihan ganda
-       Isian
-       Uraian

2.3
Mengidentifikasi benda-benda yang dikenal dan kegunaannya melalui pengamatan.
Benda dan kegunaannya
-       Siswa mengidentifikasi benda-benda yang ada di sekitar dan menceritakan kegunaannya.
-       Mengidentifikasi benda-benda yang ada disekitar.
-       Menceritakan penggunaan benda-benda disekitar.
...  x 1 Jam Pelajaran
-       Buku paket IPA kelas 2
-       Buku Referensi lain yang  relevan
-       Tagihan tes tertulis
-       Tagihan tes praktik
-       Pilihan ganda
-       Isian
-       Uraian


                      Mengetahui,                                                                   ……………………………,…………………….
                    Kepala Sekolah                                                                                    Guru Kelas / Mapel
                                               ____________________      ____________________
             NIP. …………………………………                                                                  NIP. …………………………………

Tidak ada komentar:

Posting Komentar