Senin, 24 September 2012

Kasus Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn




DISUSUN OLEH         : 
NIM                      :  



PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn)



        Bu Ana sedang mengajar pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas II. Dengan KD melaksanakan hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong di rumah dan di sekolah. Pada pertemuan kali ini Bu Ana akan menjelaskan pentingnya melaksanakan hidup rukun di sekolah.
        Awal pelajaran dimulai dengan berdoa, presensi, dan salam. Bu Ana menyampaikan kepada siswa kompetensi dasar yang akan dicapai pada pertemuan kali ini. Sebelum pembelajaran, Bu Ana menunjukkan gambar-gambar berwarna berukuran sedang tentang kegiatan seorang anak yang menunjukkan hidup rukun di sekolah. Siswa tertarik dengan gambar-gambar tersebut.  Mereka berlarian dan berebutan ke depan kelas untuk melihat gambar yang ditunjukkan Bu Ana.
        Hal ini tentu saja membuat Bu Ana marah dan menyuruh siswa untuk kembali ke tempat duduk masing-masing. Setelah siswa tenang, Bu Ana menjelaskan maksud dari setiap gambar sambil memberikan contoh-contoh perilaku siswa kelas II yang selama ini tidak sesuai dengan gambar. Bu Ana menjelaskan bahwa perilaku yang tidak rukun kepada sesama teman di sekolah adalah salah, dan siswa haruslah merubah sikapnya.
        Setelah penjelasan Bu Ana secara panjang lebar tentang hidup rukun di sekolah , siswa diminta mengerjakan soal-soal latihan yang ditulis guru di papan tulis. Siswa mulai bekerja.

        Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat!
1.    arti gotong royong adalah ....
2.    kebersihan kelas adalah tanggung jawab ....
3.    kebiasaan yang dilakukan anak anak sebelum bel tanda masuk berbunyi adalah ....
4.    keuntungan yang diambil dari kegiatan secara gotong royong adalah ....
5.    jika ada teman yang tidak memiliki pensil maka kita harus ....

        Setelah seluruh siswa selesai mengerjakan soal, Bu Ana membahas jawabannya satu per satu. Siswa yang jawabannya salah, diberi kesempatan untuk bertanya dan melakukan pembetulan.
        Ketika bel istirahat berbunyi, bu Ana mengakhiri pembelajaran dan memberi siswa PR 5 buah soal yang ada di buku paket.


IDENTIFIKASI INFORMASI KUNCI:
1.    Pembelajaran PKn tentang hidup rukun di sekolah.
2.    Media yang digunakan berupa gambar.
3.    Metode yang digunakan metode ceramah dan penugasan.
4.    Pengelolaan kelas, siswa bekerja secara individu.

PERMASALAHAN YANG MUNCUL:
1.    Pada saat guru menunjukkan gambar siswa berebutan ke depan kelas.
2.    Guru menjelaskan materi tanpa meminta pendapat siswa.
3.    Siswa merasa disalahkan oleh guru atas perilakunya selama ini.
4.    Guru memberikan materi yang bersifat teori saja tanpa adanya penerapan.
5.    Soal yang diberikan guru hanya soal kognitif saja.

ANALISIS PENYEBAB MASALAH:
1.    Siswa berebutan ke depan kelas karena gambar yang digunakan tidak begitu besar.
2.    Guru berharap materi yang akan disampaikan segera dipahami siswa sehingga tanpa sadar guru berceramah seorang diri.
3.    Siswa kelas II masih dalam tahap bermain dan masih egois, sehingga guru berusaha mengubah sikap siswa dalam waktu singkat.
4.    Guru beranggapan bahwa soal-soal ujian yang diberikan pemerintah selama ini hanya segi kognitif saja, sehingga guru mengesampingkan segi afektif dan psikomotorik.

ALTERNATIF PEMECAHAN MASALAH:

  1. Guru seharusnya menggunakan gambar berukuran besar, atau mengganti media dengan menggunakan lingkungan kelas sebagai sumber belajarnya, mengingat materi yang sedang diajarkan masalah kerukunan di sekolah.
  2. Guru seharusnya tidak secara langsung menjelaskan materi kepada siswa, melainkan memancing siswa untuk berfikir dengan memberikan contoh-contoh nyata dalam kehidupan siswa sehari-hari.
  3. Guru seharusnya memahami sifat siswa kelas II yang masih dalam masa bermain dan egois, sehingga perlu dengan sabar memberikan nasihat dan contoh-contoh dalam kehidupan mereka sehari-hari. Biarkan siswa yang menilai, perbuatan itu benar atau salah.
  4. Guru seharusnya memberikan bobot yang seimbang antara soal kognitif, afektif, dan psikomotorik, mengingat pelajaran PKn lebih banyak mempelajari tentang penerapan perilaku kehidupan sehari-hari. Siswa perlu mengerti dan berlatih tingkah laku yang baik serta benar-benar melaksanakannya.

2 komentar:

  1. Mantap... Sudah berbagi ilmu semoga berkah bagi semuanya yg butuh ilmu... Terimakasih atas ilmunya🙏

    BalasHapus